Skip navigation

Setelah lima tahun berdiri, KOELIT (Komoenitas Linux Troenodjojo) sudah mengalami berbagai pasang surut sebagai suatu Organisasi Tanpa Bentuk (OTB) selayaknya komunitas-komunitas pengguna Linux lainnya di Indonesia. Banyak orang yang datang lalu bergabung, namun tak sedikit pula yang pergi meninggalkan hiruk-pikuk kehidupan komunitas ini. Terkadang kegiatan begitu ramai, namun tak jarang pula komunitas terasa sunyi tanpa kegiatan. Tak terasa pula setahun kepengurusan telah berlalu, kini saatnya untuk menyerahkan tongkat estafet ke generasi berikutnya.

Bertempat di Mokko Cafe, Plaza Bangkalan pada hari Sabtu (28/09/2013) yang lalu telah terpilih Sdr. Nasrul Ulum sebagai Koordinator KOELIT yang baru untuk menggantikan Sdr. Afif yang telah melalui masa tugasnya selama setahun. Pemilihan dilakukan secara musyawarah dan mufakat tanpa menjalani proses pemungutan suara (voting).

Walaupun hanya dihadiri tak lebih dari 10 orang, dalam kesempatan tersebut juga telah dicapai kesepakatan untuk menghidupkan kembali berbagai kegiatan komunitas yang selama ini cukup pasif. Berbagai ide muncul untuk dijadikan strategi mensosialisasikan FOSS di lingkungan kampus UTM (Universitas Trunojoyo Madura).

Bpk. Luthfi yang selama ini telah menjadi penasehat KOELIT menekankan perlunya diadakan kegiatan yang berkaitan dengan mahasiswa-mahasiswa nonteknik. Hal ini mengingat FOSS dan Linux selalu identik dengan mahasiswa teknik. Padahal sesungguhnya banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa nonteknik untuk menunjang perkuliahan mereka.

Untuk mendukung kegiatan ini, nantinya akan diusahakan untuk melakukan pendekatan dengan beberapa dosen Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan fakultas lainnya yang dikenal menggilai teknologi dan open minded.

Selain pembahasan regenarasi dan reorganisasi KOELIT, dalam kesempatan tersebut juga diadakan diskusi membahas Framework Django untuk pembuatan aplikasi berbasis web. Materinya sendiri disampaikan oleh Bpk. Umam yang terpaksa datang terlambat. Cukup banyak yang tertarik untuk mendalami Django ini setelah mengetahui berbagai kelebihannya dibandingkan dengan framework lainnya.

Semoga saja dengan regenerasi dan reorganisasi ini, KOELIT semakin bersemangat menancapkan semangat menggunakan perangkat lunak bebas terbuka di kampus UTM dan Pulau Garam.

Iklan

4 Comments

  1. Jadi, ketua KOELIT sopo sekarang Bang? kok gak ada photonya to…?

    • MdarulM: Silakan lihat di grub di FB sajo

  2. ralat pemirsa.. prsaan pemilihan kemarin dengan secara paksa melakukan voting -_-

    • Nasrul Ulum: Itu kan menurutmu coy 😛


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: