Skip navigation

Topik hangat lainnya di dunia Teknologi Informasi selain Cloud Computing adalah Big Data. Entah Big Data memang sudah menjadi kebutuhan perusahan-perusahaan skala enterprise atau hanya sekedar buzz word saja dari para vendor yang doyan jualan. Namun apapun itu ceritanya, tidak ada salahnya kalau kita selaku orang-orang yang bergelut di dunia TI membuka mata dan wawasan terhadap Big Data ini. Siapa tahu di masa depan Big Data akan menjadi suatu keharusan bagi enterprise. Siapa tahu juga di masa yang akan datang kemampuan mengoprek Big Data menjadi skill IT paling dicari.

Kebetulan sekali pada tanggal 4 April 2013 yang silam, UKMF Information Techology Center baru saja mengadakan Seminar Nasional Big Data. Saya agak heran dengan embel-embel seminar nasional di depan nama acara ini. Walaupun pembicaranya boleh dikatakan dari tingkatan nasional, pesertanya kemungkinan besar hanya berasal dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan sekitarnya. Apa mungkin sekedar buzz word juga? 😀

Peserta seminar big data

Para peserta seminar Big Data melakukan registrasi ulang

Acara seminar ini diadakan di Gedung Aula eks Rektorat UTM. Saya hadir sebagai peserta dengan jatah preman alias gretongan :D. Sayangnya kedatangan saya agak telat karena sebenarnya acaranya sudah dimulai sejak pukul 08.30 WIB. Pembicara pertama berasal dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), Bapak Mochammad Hariadi. Beliau seorang dosen dan peniliti dengan bidang minat Big Data.

Pemateri pertama seminar Big Data

Pemateri pertama, Mochammad Hariadi

Dalam presentasinya, yang hanya sempat saya lihat di akhir-akhir saja, beliau banyak bercerita apa itu Big Data, mengapa Big Data itu penting untuk dipelajari, dan penelitian-penelitian beliau di bidang Big Data. Sebagai seorang dosen, cara beliau menyampaikan presentasi termasuk kocak. Bapak berbadan cukup tambun ini berkali-kali melontarkan joke pengocok perut. Sayangnya di sesi tanya jawab kesempatan yang diberikan ke pada peserta sangat terbatas. Pada hal saya sangat berharap ada diskusi yang seru tentang Big Data.

Materi presentasi ke-2 disampaikan oleh seorang pemateri yang datang jauh-jauh dari Bandung, Harimurti Prasetyo. Seorang anak muda yang saat ini menjabat sebagai CTO di startup NoLimit Indonesia. Akang Hari ini berangkat pagi-pagi sekali dari Bandung menumpangi pesawat penerbangan pertama dari Kota Kembang itu. Materi yang disampaikan lumayan bersifat teknis walau di awal tetap disampaikan sedikit dasar-dasar Big Data.

Pemateri ke-2 seminar Big Data

Pemateri ke-2, Harimurti Prasetyo

Sangat disesalkan materi yang menarik ini tidak diikuti dengan penyampain yang bagus. Mungkin karena masih jet lag atau karena sound system dan mic yang kurang cespleng, Kang Hari tampak malu-malu mengeluarkan suaranya. Saya kurang yakin apakah para peserta seminar yang duduk di bagian belakang dapat mendengarkannya dengan jelas. Namun di sesi tanya jawab ada satu pertanyaan yang cukup menggelitik, sebuah pemikiran yang menurut saya cukup jenius. Kurang lebihnya peserta tersebut bertanya bagaimana caranya Big Data ini dapat mempercepat komputer temannya yang lemot :D.

Sehabis seminar, saya juga sempat diskusi dengan pemateri yang bertampang seperti kebanyakan IT geek ini. Saya banyak bertanya tentang teknologi-teknologi yang mereka gunakan di NoLimit Indonesia. Seperti kebanyakan perusahaan startup, mereka banyak sekali memanfaatkan cloud computing dan teknologi FOSS. Namun diskusi menarik itu harus dipotong panitia yang harus segera mengantarkan pemateri ke Bandara Juanda. Perjalanan Bandung-Surabaya-Madura PP tentu saja cukup melelahkan. Saya mewakili teman-teman dari UTM mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya ke pada Bpk. Mochammad Hariadi dan Kang Harimurti Prasetyo.

Iklan

4 Comments

  1. dibanding dengan fenomena bigdata, saya lebih seneng bigkini :Dv

  2. hehhe malah baru tahu kalo Pak Hariadi minta di Big Data, mungkin disesuaikan dengan posturnya ya? pisss pak 🙂

    • Bukannya beliau memang spesialisasi Big Data ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: