Skip navigation

Hari Sabtu (16/02/2013) yang lalu ada satu acara menarik di Surabaya bertajuk Cangkru’an KLAS. Cangkru’an adalah salah satu agenda rutin yang diadakan sebulan sekali oleh Kelompok Linux Arek Suroboyo. Acara ini menjadi ajang kumpul-kumpul dan diskusi antara sesama penggiat/aktivis Free/Open Source Software di Surabaya dan sekitarnya. Sekitarnya di sini bisa berarti Jawa Timur karena terkadang peserta yang datang tidak hanya dari kota-kota yang dekat secara geografis dengan Kota Pahlawan. Setiap bulan topik yang dibahas selalu berganti. Siapa saja boleh menjadi pembicara asalkan topik yang akan dibahas masih berkaitan dengan sistem operasi GNU/Linux atau perangkat lunak bebas/sumber terbuka lainnya.

Peserta Cangkruan KLAS

Sesi foto bersama peserta

Cangkru’an KLAS edisi Februari 2013 membahas salah satu topik yang cukup menarik dan sedang tren belakangan ini, pemrograman/pembuatan game. Karena ini adalah acaranya komunitas pengguna Linux maka yang dibahas juga tentu saja pembuatan game di Linux. Game Programming di Linux, demikian judul lengkap yang tertulis di flyer cangkruan. Pematerinya berasal dari PENS ITS, Anton Siswo Raharjo aka masgandhul. Beliau seorang aktivis yang cukup aktif di KLAS, saat ini sedang menempuh pendidikan S2 di ITS. Bung Anton ini juga seorang dosen di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya).

Pembahasan materi yang dipaparkan cukup lengkap. Dari presentasi yang diberikan saya baru tahu kalau ternyata ada banyak sekali game engine yang dapat digunakan secara gratis untuk pengembangan game di platform Linux. Game engine ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Ada game engine yang khusus mengurusi sound, terrain, hingga game engine yang menangani hampir semua aspek pengembangan game.

Sebelum acara berakhir, ada satu sesi khusus untuk menguji perangkat keras yang disediakan oleh MSI sebagai salah satu sponsor acara. Bung Anton menggunakan salah satu engine (saya lupa namanya) untuk melakukan benchmarking terhadap hardware khusus game dari MSI. Hasilnya, perangkat keras ini cukup kepayahan dalam menjalankan benchmark dan nilai akhirnya hanya mendapat peringkat average alias biasa saja.

Di akhir acara seperti biasa selalu diadakan acara wajib, foto bersama yang sudah tidak terlalu menggugah minat saya lagi. Hasilnya adalah foto di atas yang dijepret oleh smuet dan saya copot dari grup FB Cangkruan KLAS.

Iklan

5 Comments

  1. Btw, Dirimu di sebelah mana sih bang di Foto itu?

    • Aku ga ikut foto-foto dul, ga terlalu berminat lagi acara yg begituan. Eh dari dulu emang ga terlalu minat sih 😀

  2. wih.. masak masgandhul itu dosen pens.. info dari mana tuh… -__-”
    setahuku dia alumni elektro its.. masuk its tahun 2005

    • Kemarin sih bilangnya gitu, ga tahu deh benar atau nggaknya. Nanti saya coba konfirmasi lagi.

  3. Seru bisa kopdar apalagi bahas game, pasti menyenangkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: