Skip navigation

Cloud Computing atau Komputasi Awan mungkin memang bukan barang baru, namun belakangan ini benar-benar sedang meledak. Hampir semua orang IT membicarakan cloud computing. Tidak terkecuali Kelompok Linux Arek Suroboyo, Sabtu (16/06/2012) lalu secara khusus membahas topik ini dalam sebuah acara rutin bernama Cangkru’an. Masih bertempat di Wisma Darmala atau Intiland Tower, namun kini ruangannya dipindah ke lantai tiga tidak lagi di lantai dasar. Salah seorang rekan KOELIT yang tiba lebih dulu sempat kebingungan karena di lantai dasar masih sepi padahal seharusnya acara sudah dimulai. Bicara mengenai ruangan, secara pribadi saya lebih suka yang di lantai dasar. Selain lebih besar, pencahayaannya juga bagus untuk diabadikan lewat jepretan kamera 🙂

Peserta Cangkruan Cloud Computing

Peserta Cangkruan Cloud Computing ini cukup beragam

Tidak seperti acara Cangkru’an yang sudah-sudah, peserta kali ini cukup ramai. Saya dan rombongan KOELIT yang datang agak telat sudah kehabisan jatah 50 kursi gratis ketika melakukan registrasi. Dan saya perhatikan masih ada rombongan-rombongan lain yang datang di belakangan rombongan kami. Artinya antusiasme masyarakat terhadap topik cloud computing ini cukup besar. Pesertanya juga cukup beragam, dari para punggawa KLAS, para buruh IT, mahasiswa, pengusaha, sampai anak-anak sekolah. Bahkan ada beberapa mahasiswa FE Unair yang tampak hadir (saya berharap rombongan ini semakin ramai di Cangkruan berikutnya).

Obrolan dimulai dengan presentasi dari Biznet. Saya lebih banyak menangkap promosi produk-produk Biznet dari presentasi ini. Bagus Wicaksono selaku Branch Manager Bali and East Java dalam presentasinya membeberkan layanan-layanan cloud computing yang ditawarkan Biznet hingga saat ini. Beliau juga menantang para peserta yang didominasi aktivis IT untuk menciptakan produk berbasis cloud yang dapat dijual ke masyarakat. Menurutnya pasar cloud di Indonesia masih cukup besar dan potensial, kita tidak harus bermain di sisi infrastruktur untuk dapat mengambil keuntungan. Dalam kesempatan ini Biznet juga menawarkan fasilitas kepada anggota-anggota komunitas yang ingin mencoba langsung implementasi cloud.

cangkruan

Pembicara dari Cloud Indonesia

Diskusi dilanjutkan dengan materi yang dibawakan teman-teman Komunitas Cloud Computing Indonesia Surabaya (CloudIndonesia Surabaya). Kali ini bahasannya lebih bersifat teknis. M. Akmalul ‘Ulya yang juga merupakan Ketua CloudIndonesia Surabaya memulai presentasinya dengan analogi yang secara gamblang menjelaskan apa itu cloud computing. Analoginya menurut saya cukup menarik, coba saja bayangkan PLN dan PDAM. Apakah kita harus membangun pembangkit atau bendungan sendiri untuk dapat menikmati listrik atau air bersih? Tidak, kita cukup memanfaatkan layanan milik PLN dan PDAM. Cloud computing juga tidak ada bedanya, kita tidak perlu data center sendiri untuk menyimpan data dan menjalankan bisnis kita di atas IT. Kita cukup memanfaatkan layanan cloud computing yang disediakan berabagai vendor.

Foto bersama peserta Cangkru'an Cloud Computing

Foto bersama peserta Cangkru’an Cloud Computing

Di sesi tanya jawab terlihat para peserta masih banyak yang meragukan adopsi cloud computing. Hal ini tampak dari banyaknya pertanyaan seputar keamanan dan kerahasiaan data pengguna yang disimpan di cloud. Beberapa peserta juga menanyakan isu interoperabilitas antar satu layanan cloud dengan layanan cloud lainnya. Apa yang terjadi ketika misalnya seorang pelanggan hendak pindah ke layanan lain. Apakah datanya dapat dipindahkan dengan cepat dan tanpa masalah? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini kelihatannya akan menjadi salah satu penghalang bagi perusahaan di Indonesia untuk memindahkan data center-nya ke cloud. Selain tentu saja akses Internet di negeri ini yang masih mahal dan belum dapat diandalkan dalam hal kecepatan dan ketersediaan akses.

Di akhir acara peserta yang beruntung mendapatkan bingkisan menarik dari Biznet dan yang tidak mungkin ketinggalan: foto bersama.

Iklan

9 Comments

  1. Ini dimana tempatnya? Kok kayaknya beda dengan tempat yang biasanya cangkrukan?

    • Kelihatan banget udah komen tapi belum baca sama sekali. Kafenya pindah ke lantai tiga sekarang.

  2. kalo markas besar KLAS dimana yah mas?
    pengen lebih mendalami linux,,
    share sama master masternya 🙂

    • Di HiTech Mall lantai paling atas gan, dekatnya ruang workshop.

  3. Cloud computing lagi hits banget ya sekaranggg 😀

  4. Wah asik nih,,kira-kira penerapan cloud computing itu gimana ya?

  5. kapan diadakan lagi acara serupa??


One Trackback/Pingback

  1. […] hangat lainnya di dunia Teknologi Informasi selain Cloud Computing adalah Big Data. Entah Big Data memang sudah menjadi kebutuhan perusahan-perusahaan skala […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: