Skip navigation

Biasanya error yang terjadi ketika melakukan transport di SAP selalu berkaitan dengan program atau konfigurasi yang sedang di-transport. Misalnya saja struktur data atau definisi tabel yang dibutuhkan belum ada di sistem tujuan. Tapi terkadang ada juga error yang tidak ada hubungannya dengan program bersangkutan. Misalnya saja hari ini saya mendapatkan error “R3TRPROGZXWO1U03 was repaired in this system. Awalnya saya berpikir ini error dari program di transport request yang sedang dieksekusi. Karena agak ragu saya coba teliti lebih lanjut lagi pesan error yang muncul di tcode STMS. Ternyata oh ternyata, tidak ada satu pun bukti yang mengarah ke perkiraan saya bahwa error ini berkaitan dengan program.

Pesan error di STMS

Error yang kelihatannya tidak biasa

Saya coba klik dua kali pada pesan error yang ditandai merah oleh SAP. Dan saya menemukan bukti lain kalau error memang bukan berasal dari program yang sedang ditransport.

Help dari SAP untuk error bersangkutan

Objek sedang dalam status 'repaired'

Menurut help SAP di atas, obyek R3TRPROGZXWO1U03 berada dalam status ‘repaired’ sehingga tidak dapat di-transport. Untuk memperbaiki error ini, saya harus melepas obyek dari status ‘repaired’. Dengan sedikit bantuan Google, saya menemukan tcode SE03 untuk mencari transport request yang mengunci objek ini.

Tcode SE03

Tampilkan obyek dengan status 'repaired'

Menu ‘Display Repaired Objects’ akan menampilkan semua obyek dengan status ‘repaired’.

Repaired objects

Obyek-obyek yang sedang terkunci

Cari obyek yang menjadi penyebab error di proses transport tadi. Untuk obyek R3TRPROGZXWO1U03 berarti saya harus menemukan obyek dengan rincian R3TR PROG ZXWO1U03. Klik dua kali pada obyek untuk menampilkan atribut obyek tersebut.

Atribut obyek

Tampilan atribut obyek yang terkunci

Klik tombol Lock Overview untuk menampilkan nomor transport request yang mengunci obyek berstatus ‘repaired’.

Tranport Request

Transport request yang mengunci obyek

Gunakan tcode SE01 atau SE10 untuk merilis transport request yang ditemukan pada proses di atas. Ulangi proses transport setelah merilis transport request di atas.

Tinggalkan Balasan

