Skip navigation

Kata siapa BlankOn Linux itu sama saja dengan Ubuntu? BlankOn dikembangkan tidak hanya untuk mengganti tema dan bahasa Ubuntu dengan nuansa Indonesia. Aplikasi yang disertakan di BlankOn pun sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer di Indonesia. BlankOn menjadi satu-satunya distro yang sudah mendukung metode input menggunakan Aksara Nusantara. Di BlankOn 7 Pattimura, setidaknya sudah ada enam aksara dari enam daerah yang sudah didukung. Diantaranya, aksara Jawa, Bali, Batak Toba, Bugis, Rejang, dan Sunda. Kalau Anda bertanya “Untuk apa aksara-aksara daerah itu? Saya ga mungkin menggunakannya utk mengetik.” kita tidak perlu menunggu klaim dari tetangga untuk melestarikan budaya dan aset bangsa ini kan?

Ups, cukup dulu berdebatnya, mari kita lihat bagaimana cara menggunakan Aksara Nusantara ini di BlankOn 7 Pattimura. BlankOn Panel update 5 Agustus 2011 ada sebuah applet tambahan di pojok kiri bawah dengan ikon papan ketik. Klik ikon ini untuk memilih aksara yang akan digunakan.

BlankOn Panel Aksara Nusantara

Pilih Aksara

Sekarang buka gEdit dari menu Aplikasi – Aksesori – Penyunting Text, lalu cobalah mengetik seperti biasa.

gEdit Aksara Nusantara

Aksara Nusantara di gEdit

Sayangnya terkadang aplet kibor di panel hilang begitu saja, mungkin ini kutu. Kalau itu terjadi, tipe input masih bisa diganti dengan menggunakan aplet yang muncul di pojok kanan bawah BlankOn 7.

Aksara Nusantara

Aksara Nusantara

Keren kan? Konon ada beberapa bahasa daerah juga yang bisa digunakan sebagai bahasa antar muka di BlankOn Panel, tapi sampai saat ini saya belum menemukan cara mengaktifkan bahasa-bahasa daerah ini. Mungkin akan saya posting di artikel lain saja nanti.

6 Comments

  1. suka sih suka, tapi bahasa Madura kapan ntuh dimasukkan!
    apah perlu sengko’ se ngebey? hahahah😛

  2. kalau aksara sasak yang dari lombok kapan tu di masukin?? tolong masukin juga lho…

    • Ada tautan menuju fonta yg berlisensi GPL ga mas?

  3. kalau di Blankon Panel saya, kok ga ada ikon ini. Padahal saat pemutakhiran paket sudah uptodate? adakah yg salah? di tempat itu hanya ada Blutooth,Speaker,Koneksi,Baterai…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: