Skip navigation

Waktu rilis BlankOn 7 Pattimura semakin dekat saja. Jika tidak ada aral melintang, para pengembang BlankOn merencenakan mengumumkan rilis ketujuh distro bernuansa lokal ini tepat di Hari Kemerdekan Republik Indonesia 17 Agustus 2011. Rilis BlankOn 7 memang sarat dengan rasa nasionalisme, setelah sepakat menggunakan kode nama Pattimura, pahlawan kemerdekaan dari Maluku, jadual rilispun direncakanan bertepatan dengan hari kemerdekaan. Ada perubahan signifikan di rilis terbaru BlankOn nanti. Perubahan sekaligus kejutan untuk pengguna yang belum/tidak sempat mencoba rilis jahitan BlankOn 7. Perubahan paling tampak terutama pada antarmuka lingkungan desktop yang tidak lagi sepenuhnya menggunakan Gnome 2 namun juga tidak beralih ke Gnome 3 atau Unity. Penasaran? Berikut pratilik BlankOn 7 Pattimura.

GRUB dan Animasi Boot

Grub BlankOn 7 Pattimura tampil berbeda dengan kebanyakan distro Linux yang ada saat ini. Kalau diperhatikan GRUB BlankOn 7 lebih mirip BURG (at least IMHO).

GRUB

GRUB BlankOn 7 Pattimura

Tampilan animasi boot sepertinya tidak terlalu banyak mengalami perubahan dibandingkan dengan rilis-rilis sebelumnya.

Boot

Animasi boot

Dekstop Environment

Bagian ini mengalami perubahan paling banyak dan akan menjadi kejutan bagi para pengguna BlankOn dari rilis sebelumnya. Tim pengembang BlankOn telah memutuskan untuk mengembangkan BlankOn Panel ketika Gnome naik tingkat ke versi 3.0 dan Ubuntu beralih ke Unity. Keramahan terhadap perangkat keras yg sudah berumur menjadi salah satu alasan keputusan ini. Seperti kita ketahui bersama Gnome 3 maupun Unity membutuhkan akselerasi kartu grafis untuk dapat berjalan dengan maksimal.

BlankOn Panel tampil di sisi kiri desktop ketika pengguna pertama kali log in ke BlankOn. Di sisi kiri tampak susunan menu dan favorites. Di bagian pojok kanan atas ada widget berupa jam digital, sedangkan di pojok kiri bawah ada applet batere, jaringan, dan volume.

BlankOn Panel

BlankOn Panel

BlankOn Panel ini akan menghilang jika pengguna mengklik di area kosong desktop di samping daftar menu. Sebagai gantinya ikon BlankOn akan muncul di pojok kiri atas. Untuk memunculkan kembali BlankOn Panel pengguna cukup mengklik ikon ini.

BlankOn Desktop

BlankOn Desktop

Menu-menu daftar aplikasi muncul dengan mengklik All Aplications di BlankOn Panel. Menu ini tampil berupa collapsible tree.

BlankOn Menu

BlankOn Menu

Widget jam digital di pojok kana atas tampil selalu berada di atas aplikasi lain, awalnya saya kira akan mengganggu tapi ketika mouse berada di atas jendela jam ini akan memudar.

BlankOn Clock Widget

BlankOn Clock Widget

Daftar aplikasi yang sedang berjalan baik yang sedang aktif maupun minimize ditampilkan dipanel bagian bawah (seperti tampak pada gambar di atas) yang akan muncul ketika pengguna mengarahkan pointer ke sana.

Applet yang terletak di pojok kiri bawah juga tampil apik.

BlankOn Applet

BlankOn Applet

Bagaimana tampilan BlankOn 7 Pattimura? Keren kan? Kalau belum pernah coba BlankOn, ada baiknya segera mencoba sebelum terlambat.

Aplikasi Bawaan

BlankOn 7 Pattimura menggunakan kernel Linux 3.0 yang merupakan rilis kernel terbaru. Walaupun Linux 3.0 masih di tahap rc3 ketika saya mencoba jahitan harian BlankOn 7, sepertinya BlankOn akan membawa Linux 3.0 final release.

BlankOn Kernel

BlankOn Kernel

Daftar aplikasi lain yang disertakan BlankOn 7 Pattimura:

  • LibreOffice 3.3.2
  • Pidgin 2.9.0
  • Chromium Browser 14
  • Brasero 2.32.1
  • Exaile 0.3.2.1
  • PiTiVi 0.13.5
  • Cheese 2.32.0
  • GIMP 2.6.11
  • Inkccape 0.48.1
  • Shotwel 0.10.1
  • GEdit 2.30.4
  • Stardict 3.0.1

Dan masih banyak lagi. What do you say guys? Cool, right?

18 Comments

  1. blankon panel nya lumayan lama itu pak, update dulu.

    • Ini jahitan yang tgl 23 kemarin Pak, nanti saya update lagi lah…

  2. wow keren…tapi saya memang lom coba lagi, saya tunggu rilis finalnya.

  3. wah ubuntu dah mo pindah unity y.. wah untung deh aq dr dl ga suka gnome😀 … mnding pake kde… tp kde skarang jg berat… baru demen DE yg ringan2..😀

    buwat blankon majo terus dah😀

    • Eh itu DE yg biasa disandingkan dengan Arch apa namanya, kan ringan tuh

      • lxde ? openbox ? fluxbox ? xface ?

        • Awesome. Tapi ini bukan masuk kategori DE ya?

          • imho, lxde ama xfce termasuk kategori DE, klo openbox, fluxbox termasuk window manager… sama juga kaya metacity, kwin…

  4. mangtebs bro…
    LANJUTKEN!

  5. Mantab. BTW rilis finalnya kapan.!😀

    • Kalau tak ada aral melintang, 17 Agustus tepat di hari kemerdekaan

  6. nunggu final aja ah🙂

    • Gitu juga boleh, tinggal beberapa minggu aja kok🙂

  7. Keren banget BlankOn! Saya belum tahu pasti isi Pattimura soalnya. Uh, betapa hebatnya! Maju terus Indonesia!

    • Silakan langsung unduh dan coba isi Pattimura

  8. BlankOn Pattimura keren, baru saja mencoba…😀 cocok untuk VGA Sis Mirage yang gak kompatibel Ubuntu. Bisa jadi alternatif selain Mandriva.


4 Trackbacks/Pingbacks

  1. […] mari kita lihat bagaimana cara menggunakan Aksara Nusantara ini di BlankOn 7 Pattimura. BlankOn Panel update 5 Agustus 2011 ada sebuah applet tambahan di pojok kiri bawah dengan ikon papan ketik. Klik […]

  2. By Distro Linux | TeknoPLASMA on 21 Agu 2011 at 11:18 am

    […] Preview BlankOn Pattimura 7 Wow Starts Now https://rotyyu.wordpress.com/2011/07/26/preview-blankon-7-pattimura-wow-starts-now/ […]

  3. By Distribusi GNU/Linux | Irhass™ on 03 Sep 2011 at 12:23 am

    […] Preview BlankOn Pattimura 7 Wow Starts Nowhttps://rotyyu.wordpress.com/2011/07/26/preview-blankon-7-pattimura-wow-starts-now/ […]

  4. By Distro Linux | Ade Malsasa Akbar on 06 Apr 2012 at 11:22 am

    […] Preview BlankOn Pattimura 7 Wow Starts Now https://rotyyu.wordpress.com/2011/07/26/preview-blankon-7-pattimura-wow-starts-now/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: