Skip navigation

Setelah mendengar kabar kalau Project OpenIndiana telah merilis OpenIndiana, sebuah distro yang akan melanjutkan cerita OpenSolaris, saya langsung mengunjungi TKP untuk mengunduh image terbaru untuk saya coba-coba di mesin virtual karena belum punya mesin fisik untuk mencobanya. Kabarnya rilis ini dilakukan karena tidak adanya kejelasan mengenai nasib OpenSolaris setelah SUN dibeli oleh Oracle. Oracle sendiri lebih memilih untuk menerbitkan Solaris 11 Express dari pada melanjutkan proyek open source OpenSolaris. Adanya rilis ini tentu saja merupakan kabar baik untuk para pengguna OpenSolaris, apalagi beberapa waktu sebelumnya sebuah proyek bernama IllumOS yang memiliki tujuan untuk menyediakan komponen-komponen open source dari sebuah sistem operasi berbasis Solaris.

Dari hasil coba-coba saya di VirtualBox, kelihatannya OpenIndiana ini masih belum terlalu banyak melakukan perubahan kecuali beberapa polesan tampilan untuk di sana dan sini untuk menandakan bahwa ini adalah OpenIndiana. Ketika pertama kali melakukan boot, GRUB yang digunakan adalah 0.97. Di sini terlihat jelas bahwa rilis ini masih dalam tahapan pengembangan (development).

GRUB

Sedikit masuk lebih ke dalam, kita juga akan segera tahu bahwa OpenIndiana ini dibangun berdasarkan SunOS Release 5.11 yang hak ciptanya kini dimiliki oleh Oracle.

SunOS Release 5.11

Penampilan desktop OpenIndiana ini juga masih belum begitu jauh berbeda dengan OpenSolaris, hanya wallpaper saja yang diganti.

Gnome Desktop

Demikian juga dengan menu dan susunannya masih sama dengan OpenSolaris, distro ini juga belum membawa OpenOffice atau office suite lainnya dalam distribusinya.

Menu

Urusan lisensi, OpenIndiana menggunakan CDDL (Common Development and Distribution) versi 1.0.

Lisensi CDDL

Sejauh ini baru itu saja yang bisa saya ekspolari. Untuk fitur-fitur canggih seperi Zone, ZFS, dtrace, dll menurut saya tidak akan jauh berbeda seperti Solaris atau OpenSolaris. Namun proyek ini cukup menjanjikan dan kita tidak akan rugi untuk mengikuti perkembangannya. Saya berharap rilis final OpenIndiana akan dengan segera dapat diunduh😀

3 Comments

  1. saya masih nunggu finalnya aja dech…

    • Kalau utk serius emg lebih baik nunggu final release aja, release awal ini cuma utk preview aja.

  2. bagus banget tuh bang buat mengobati kekecewaan para pengguna OpenSolaris…(^_^)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: