Skip navigation

Belakangan ini saya sering menjalankan program yang membutuhkan waktu yang lumayan lama, bisa berjam-jam bahkan terkadang bisa berhari-hari. Celakanya listrik di kontrakan saya sering padam tanpa alasan yang jelas sehingga sering kali program yang saya jalankan harus diulangi dari awal karena memang tidak ada opsi untuk menyimpan proyek yang sedang diproses. Dan karena kata orang “waktu adalah uang” maka terkadang saya ingin mengetahui berapa lama persisnya waktu yang dibutuhkan program yang saya jalankan untuk menyelesaikan suatu proses pengolahan data. Selain untuk iseng, mungkin nanti akan dibutuhkan dalam laporan. Caranya ternyata cukup mudah, kita tinggal menambahkan perintah time di awal program yang hendak dijalankan:

time java weka.core.converters.ArffLoader -i data.arff

Contoh keluarannya seperti ini:

real   4m30.086s
user   4m28.330s
sys   0m0.130s

Kelihatan kan? Untuk lebih jelas tentang time ini, silakan membaca manual.

Tinggalkan Balasan

