Lewati navigasi

HTML 5 memang sedang jadi topik hangat pembicaraan dunia maya, ibarat cewe sexy yg sedang hot diterpa gosip dan menjadi pergunjingan hampir semua media gosip dan infotainment. Dari beberapa artikel yang sempat saya baca di jagad maya ini, html 5 memang menjanjikan sesuatu yang berbeda, sama sekali berbeda dengan pendahulunya. Bahkan ada yang berpendapat bahwa HTML 5 akan menjadi senjata yang akan membunuh Flash secara perlahan seiring dengan adopsi si sexy ini di mana-mana. Mungkin anda sempat memperhatikan logo Google Doodle beberapa waktu lalu yang konon katanya dikreasikan menggunakan hmtl 5. Bahkan seorang Steve Jobs pun ngotot tidak akan mengizinkan Flash masuk ke dalam perangkat buatan Apple seperti iPad dan iPhone.

Dan sepertinya adopsi ini semakin meluas, hari ini saya agak tercengang ketika login ke WordPress.com dan masuk ke laman Statistik Blog dari blog saya ini. Ada apa gerangan? Saya tidak lagi melihat pesan “Missing Plugin” yang biasa saya lihat ketika membuka situs yang menggunakan teknologi Flash karena saya tidak memasang Flash Player Plug-in di Ubuntu 10.04 64 bit yang saya gunakan. Pesan itu justru kini diganti dengan sebuah grafik yang lumayan cantik. Mmm… saya langsung berpikir “Apakah ini adalah HTML 5?”

Wordpress Statistik Blog

HTML 5??

Coba juga Youtube versi html 5 di sini.

12 Comments

  1. html5 memang bakal jadi flash killer, semoga game fb pakai HTML5 juga :mrgreen:

  2. bang ni blog baruku masih baru buat….. 😀

  3. Start Up ku akan ane buat pake HTML 5 aja kalau gitu.

  4. dari sausnya itu pake javascript (jQuery) 😀

  5. Kalau ada sponsor pakai flash berarti ngak kelihatan dong ? Kunjungi blog ane, gan pindahan ! :mrgreen:

    • Mungkin sebaiknya para pembuat iklan juga beralih ke html 5 kali ya..

  6. wah pada seru
    pada hot2an
    yupz benar sekali mari kita beralih ke html 5
    tinggalkan propietary plugins
    selamat tinggal “install missing plugins”
    selamat tinggal html 4

    ada yang punya referensi html 5 nggak?
    coz yang dari http://werbach.com/barebones/barebone_id.html versi html 3.2
    tapi bagus loo buat referensi kode html bagi pemula

    • Kalau ke arah sana kayaknya masih lama lah, paling 2 tahun lagi baru pasar benar2 siap mengadopsi html5

  7. well, saya suka flash dan banyak terbantu untuk desain web, (yah, meskipun ini perangkat tertutup :(, dari pada pilih silverlight dari microsoft)

    jika html5 bisa serumit flash, saya akan coba belajar. 😀

    • Ya itu kan ada yg ngasih tantangan (pendukung flash) utk membuat aplikasi seperti flash menggunakan html5, kalau menurut saya masih akan butuh waktu utk mengadopsi html5 dan flash juga tidak akan menghilang dalam waktu dekat, khususnya jika mereka mau memberikan dukungan utk GNU+Linux dgn sepenuh hati. 😀

  8. waduh….. sangar


One Trackback/Pingback

  1. By Yes, It’s HTML 5 « Preman Terminal on 18 Sep 2010 at 5:26 pm

    […] Tinggalkan komentar Go to comments Beberapa hari yang lalu saya sempat posting tentang kejutan migrasi WordPress.com ke HMTL 5. Sebenarnya itu hanya asumsi saja tanpa ada bukti atau usaha untuk […]

Tinggalkan komentar