Skip navigation

Gara-gara masa tenggang kartu smart ini sudah hampir habis, terpaksa lah saya isi ulang. Karena sudah terlanjur diisi ulang, terpaksa pula saya beli pake Internet serhari tanpa batas itu. Pengen tahu, bagaimakah koneksi yang dimiliki Smart sekarang ini, apakah masih tetap lemot seperti terakhir kali saya isi pulsa untuk kepentingan internetan (gara-gara pelanggan membludak kayaknya itu) ataukah sudah ada perubahan karena beberap teman saya yang dulu pakai modem Smart juga sudah meninggalkannya. Dan ini adalah cerita bagaimana saya menggunakan modem Smart Haier C700 di Ubuntu 10.04 64 bit yang biasa saya gunakan sehari-hari. Ternyata tidak ada konfigurasi yang terlalu ribet, sama saja seperti dulu. Okelah, kalau masih mengalami kesulitan menggunakan modem ini di Ubuntu 10.04 silakan dilanjut bacanya, jika sebaliknya lebih baik cari artikel lain saja untuk dibaca.

Smart Haier C700 ini membutuhkan modul usbserial yang di Ubuntu 10.04 dapat dimuat dengan perintah

sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004

Nilai yang diberikan di parameter vendor dan product itu didapat dari keluaran perintah lsusb:

Bus 008 Device 002: ID 05c6:9004 Qualcomm, Inc.

Kemudian cek dengan menggunakan perintah dmesg | tail, jika keluarannya sudah mengandung /dev/ttyUSB1 atau semacamnya berarti sudah berhasil. Saya mendapatkan keluaran seperti ini

[   50.454601] usbcore: registered new interface driver usbhid
[   50.454603] usbhid: v2.6:USB HID core driver
[   59.461816] usbcore: registered new interface driver usbserial
[   59.462077] USB Serial support registered for generic
[   59.462134] usbserial_generic 8-2:1.0: generic converter detected
[   59.463115] usb 8-2: generic converter now attached to ttyUSB0
[   59.463133] usbserial_generic 8-2:1.1: generic converter detected
[   59.463273] usb 8-2: generic converter now attached to ttyUSB1
[   59.463291] usbcore: registered new interface driver usbserial_generic
[   59.463294] usbserial: USB Serial Driver core

Langsung lah dial pake wvdial

sudo wvdial smart

Konfigurasi Smart untuk /etc/wvdial.conf lebih kurang seperti ini

[Dialer smart]
Modem = /dev/ttyUSB1
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CRM=1
Stupid Mode = yes
Modem Type = USB Modem
Phone = #777
New PPPD = yes
ISDN = 0
Username = smart
Password = smart
Baud = 9600

Oh ya hampir lupa, jangan lupa install wvdial dulu dari repo Ubuntu.

sudo apt-get install wvdial

Setelah berhasil tersambung ke Internet, saya merasakan koneksi Smart sudah lumayan membaik. Hal ini mungkin disebabkan sudah banyak ditinggal pelanggan yang beralih ke promo lain dari operator lain atau mungkin juga karena memang sudah ada pembenahan dari sisi operator Smart.

14 Comments

  1. Info yg bagus amang,makin hebat kau ya amang,tingkatkan terus ya amang,sukses terus

  2. Kayaknya semua operator hampir sama Mas omong doang, dari dulu saya sudah mencoba 3 Operator : TelkomFlash sudah saya tinggalkan, dan sekarang walaupun sering “not connected” tanpa sebab apaboleh buat saya masih menggunakan “MOBI” dari Frend bergantian dengan “3” dari Three.
    Kondisi keduanya putus nyambung pustus nyambung……Habis mau pakai yang mana BINGUNG…

    • Emang ga beres tuh operator, semuanya sama aja…

  3. Maaf yach aku gak pandai merangkai kata, jadi langsung saja.
    Loewyi Sekeluarga mengucapkan….

    Selamat Hari Raya Idul Fitrih 1431H.
    Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    • Berkah Mulia Group
    • Posted September 13, 2010 at 9:21 pm
    • Permalink
    • Balas

    Terima kasih atas artikel & sharingnya yang sangat bermanfaat.

    Salam kenal & sukses selalu,
    Purwadi
    Grosir Sepatu Safety
    grosirsepatusafety.wordpress.com
    0811773163

  4. Klo di fedora caranya sama mas ?

    • Kurang lebih sama tapi saya belum pernah coba kalau di Fedora..

  5. mass
    skalo setting di lucid 32 gmna>
    sama ato tidak??

    minta tutorialnya donk

    kirim email law bisa

    makasi sebelumnya

    • Sama aja kok, dicobain aja langsung..

      • ok makasi mass

        tak coba dulu

        makasi sekali lagi

  6. saya masih belum bisa kedetek
    saya bingung dengan urutan nya..
    mohon bantuannya…

    • Bingung gmn to gan?? Saya melakukan sesuai urutan yg ada di sini.

  7. modem venusku gak kedetek ubuntu 😦

    • benedictus satrio
    • Posted Februari 17, 2011 at 6:28 pm
    • Permalink
    • Balas

    mas, mw tanya, cara instal cam eksternal merek YSOMC di ubuntu gmn?
    mohon dibantu…masih nubie niii


One Trackback/Pingback

  1. […] bisa memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu, kalau koneksi Internet anda menggunakan semar lebih baik urungkan niat anda untuk mencoba upgrade lewat […]

Tinggalkan Balasan

