Skip navigation

Hari ini (08/09/10), saya beserta tiga orang rekan (Juragan Aris, Adyt Cullun, dan Slametux) dari KOELIT mendapat kesempatan untuk mendampingi Pak Husni (salah satu dosen penggiat FOSS di kampus Unijoyo) untuk memberikan sedikit pencerahan tentang GNU/Linux dan FOSS di Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang, Madura. Acara ini sebenarnya adalah program kerja salah satu kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang ditempatkan di Torjun, kebetulan beberapa mahasiswa di sana kenal cukup baik dengan Pak Husni dan teman-teman KOELIT (ya iyalah, anak Teknik Informatika juga), jadilah tim ini diundang untuk mengisi acara yang diberi tajuk “Seminar IT”. Acaranya sendiri diadakan pada pukul 09.00 WIB s.d. 12.00 WIB di ruang serba guna Kantor Camat Torjun dan dihadiri oleh siswa/i SMA N 1 Torjun dan SMK Darussalam Torjun, serta beberapa orang guru TIK dari masing-masing sekolah.

Materi yang disampaikan seperti biasa masih tetap seputar pengenalan GNU/Linux dan FOSS. Materti pertama disampaikan oleh Pak Husni yang lebih menitikberatkan pada pengenalan teknologi informasi. Dalam materinya, beliau menyampaikan dengan gamblang apa itu komputer, perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), brainware (sdm), bagaimana komputer dengan berbagai perangkatnya bekerja, konsep dasar sistem operasi, berbagai macam sistem operasi, dan kelebihan serta kekurangan masing-masing sistem operasi.

Materi pertama dari Pak Husni

Materi pertama dari Pak Husni

Materi kedua, giliran Juragan Aris yang menyampaikan (tepatnya mendemonstrasikan) materi tentang distro Sabily (momen yang tepat mengawali bulan Ramadhan). Si juragan yang lumayan jago nyerocos ini, dengan sangat bersemangat menampilkan berbagai Islami aplikasi menarik yang terdapat di Sabily. Oh ya, bagi yang mungkin belum tahu, Sabily itu adalah distro yang dulunya bernama Ubuntu Moslem Edition. Di akhir demonstrasi si agan ini, dia juga sempat mempertontonkan kehebatan Stellarium untuk memprediksi awal bulan Ramadhan dan melakukan simulasi gerhana matahari total.

Juragan Aris beraksi

Juragan Aris beraksi

Di akhir setiap sesi diadakan diskusi dan tanya jawab yang disambut cukup antusian oleh teman-teman dari SMA N 1 Torjun dan SMK Darussalam Torjun. Beberapa siswa/i dengan semangat melancarkan pertanyaan kepada para pemateri, saking semangatnya terkadang pertanyaan yang mereka ajukan membuat para hadirin tertawa terpingkal-pingkal. Salah satu pertanyaan yang cukup saya ingat adalah “Apakah bisa Stellarium ini mendeteksi kapan musim kemarau akan datang dan kapan musim hujan akan berhenti karena kasihan masyarakat di sini tembakaunya gagal panen gara-gara musim hujan yang tidak berhenti”. Ah, pertanyaannya ayak-ayak wae… 😀

Slamet dan pak guru

Tuh ada Slametux dan Bpk Guru

Sebenarnya kita juga punya rencana untuk mengenalkan BlankOn dan Sajadah di acara ini, sayang waktu acara diembat semua sama si Aris (mungkin karena terlalu semangat untuk tepe-tepe di depan anak-anak SMA/SMK kali ya). Ya sudahlah, lain kali saja…

NB: penulisan tanggal di atas menggunakan format mm/dd/yy (sengaja biar terurut 🙂 )

Iklan

4 Comments

  1. bang,,
    kog adyt cullun??
    adyt cullen bang…,,

    blog ny adytcullen.blogspot.com,,
    hehehehe…

    • Lha gpp lah, yg penting kan udah nampang di blognya preman…

  2. iya bang,,
    thx…

  3. salam kenal pak, by linux sampang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: