Skip navigation

Ketika melakukan instalasi IPCop kita memilih konfigurasi GREEN+RED untuk jenis topologi jaringan yang akan digunakan. Kebetulan waktu itu memang hanya ada jaringan klien yang menggunakan kabel. Lalu tiba-tiba saja si bos memutuskan untuk menambahkan akses wireless menggunakan hotspot supaya karyawan yang menggunakan laptop/notebook/netbook di kantor dapat lebih leluasa mengakses Internet (tentu saja untuk kepentingan pekerjaan). Jajaran pimpinan juga telah memutuskan untuk membeli server baru yang nantinya akan digunakan sebagai server web dan email untuk mengantisipasi perkembangan pelanggan online. Semua perlengkapan sudah ada, 2 tambahan Ethernet card untuk interface BLUE dan ORANGE (public server akan ditempatkan di DMZ), 1 wireless router untuk akses hotspot, dan dua server baru. Setelah semua terpasang dan tersambung dengan IPCOP, bagaimana cara melakukan konfigurasi ulang untuk penyesuaian dengan kebutuhan baru ini?

Ternyata IPCop sudah menyediakan sebuah utilitas untuk melakukan ini. Kita tinggal log in ke server IPCop baik secara fisik maupun secara remote menggunakan SSH, lalu jalankan perintah:

setup

Yang akan menampilkan sebuah menu untuk melakukan konfigurasi ulang pada beberapa komponen IPCop. Dari menu ini kita bisa mengatur ulang Keyboard mapping, Timezone, Hostname, Domain name, ISDN Configuration, Networking, ‘root’ password, ‘admin’ password, dan ‘backup’ password.

Section menu

Konfigurasi ulang sistem IPCop

Nah, untuk cerita di awal tadi silakan memilih Networking dari menu ini. Selanjutnya sama seperti pengaturan di saat pertama kali menginstal IPCop. Gampang bukan?

5 Comments

  1. ditunggu tutorial tentng patching to layer7 gan….

  2. emang sudah ada ta gan

  3. mass brooo aq mau tanya nih….aq pakai ipcop v.2.0.3 udh upgred ke v.2.0.6…..yg aq ty in squid ipcop standar ini bisa di utak utik kagak…..kl bisa tlg donk aq di ajarin caranya……tq sebelum nya

    • Anto Warsito: Diutak-atik gmn nih maksudnya? Kalau mau bikin konfigurasi macam-macam kan tinggal mainkan di web administrasinya aja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: