Skip navigation

Setelah berhasil menginstall VMWare 2.0.2 di Ubuntu 10.04, ada masalah yang agak aneh ketika saya mencoba mengakses VMWare Infrastructure Web Access secara remote melalui alamat http://10.5.1.38:8222 (alamat IP di mana VMWare diinstall). Normalnya akses ini akan dibelokkan ke akses https di port 8333, lalu setelah kita menambahkan pengecualian untuk koneksi ini maka prompt untuk login akan tampil tapi itu tidak terjadi, yang saya dapatkan hanya pesan error di Firefox (versi 3.6.6).

Dan ketika saya perhatikan di server ternyata ada banyak sekali request ke port 8333 yang merupakan port yang digunakan VMWare untuk akses antarmuka web melalui koneksi terenkripsi menggunakan SSL. Hal ini dapat dicek menggunakan perintah

netstat -tapn

Request ke port 8333

Setiap kali tombol Refresh atau Try Again di Firefox ditekan, jumlah request ini akan betambah. Ketika mencoba mengintip log VMWare di /var/log/vmware ada log yang cukup banyak berkaitan dengan SSL tapi isinya sepertinya tidak cukup untuk menjadi clue menyelesaikan masalah ini. Akhirnya setelah Googling, saya menemukan beberapa postingan di blog dan forum VMWare. Untungnya salah satu dari postingan tersebut dapat menyelesaikan masalah ini. Caranya gampang, di address bar Firefox ketik about:config, di bagian Filter isikan security.enable_ssl2 kemudian ubah nilainya menjadi true dengan cara mengklik dua kali.

Huh, akhirnya bisa juga mengakses VMWare Infrastructure Web Access secara remote :-). Tapi tunggu dulu sekarang ada masalah baru, setelah menginstall plugin VMWare Remote Console saya masih belum bisa menggunakannya karena ada error lagi 😦 (doh).

Error VMWare

Musti Googling lagi nih atau mungkin ada yang punya solusi untuk masalah ini??

Iklan

3 Comments

  1. Down grade firefox, untuk VMWare aku terpaksa pake firefox-3.0.19

  2. sama bro masalahnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: