Skip navigation

SoloSOLO atau Sharing Online Lan Offline, merupakan ajang pertemuan blogger dan pengguna aktif teknologi informatika dengan masyarakat luas yang membutuhkan teknologi serupa untuk meningkatkan kualitas hidup bersama. Acara yang akan berlangsung pada 5 dan 6 Juni ini diadakan oleh Komunias Blogger Bengawan bekerja sama dengan pemkot Surakarta, dan enam kabupaten/kota lainnya: Klaten, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo dan Wonogiri, masing-masing mewakili unsur pariwisata, koperasi dan usaha mikro, kecil-menengah dan yang membawahi kebijakan informatika.

Acara ini diharapkan mampu menginspirasi semua pihak yang terlibat, mulai dari blogger dan pengguna aktif teknologi informasi hingga pemerintah kabupaten / pemerintah kota dan para perajin dan pengusaha berskala mikro dan kecil-mengah, untuk memajukan daerah dengan pendekatan optimalisasi pemanfaatan teknologi komunikasi dan informatika.

Blogger di satu sisi merupakan pewarta independen yang memiliki media informasi online yang mereka kelola sendiri. Materi informasi yang mereka sajikan pun, baik tulisan, foto maupun grafis, atau video dan gambar bergerak, pada umumnya adalah karya kreatif yang mereka hasilkan sendiri. Sebagai pewarta independen, blogger mempunyai kebebasan penuh untuk memberitakan apapun yang mereka lihat, dengar, rasakan, ataupun alami sendiri. Hampir tidak ada aturan yang baku untuk blogger dalam menuliskan tentang suatu kejadian, event, ataupun pemikiran mereka. Blogger, sebagai sebuah komunitas yang melek teknologi informasi dan komunikasi, mempunyai kekuatan yang besar untuk mempercepat penyebaran informasi di kalangan blogger sendiri dan penikmat teknologi informasi yang lain.

Bertolak belakang dengan blogger yang sudah begitu akrab dengan dunia teknologi informasi dan pemanfaatannya, di sisi lain terdapat perajin dan pengusaha skala mikro dan kecil-menengah yang belum begitu mengerti teknologi informasi dan pemanfaatannya untuk mempromosikan atau bahkan jika memungkinkan memasarkan produk mereka. Padahal jika hal ini bisa diwujudkan jelas sekali para perajin dan pengusaha skala mikro dan kecil-menengah ini akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena seperti kita ketahui bersama, sebagai media promosi, biaya produksi media internet jauh lebih murah dibandingkan media promosi lain semisal koran, radio, atau televisi.

Dua hal yang bertolak belakang inilah yang akan dicoba dipertemukan di forum Sharing Online Lan Offline. Pertemuan komunitas blogger dan para perajin serta pengusaha skala mikro dan kecil-menengah ini ditargetkan akan mempu menjembatani jarak yang ada di antara kedua belah pihak. Komunitas blogger dengan kekuatan pemberitaan mereka diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk turut serta mempromosikan berbagai produk dan jasa yang dihasilkan oleh para pengusaha kecil-menengah dan perajin. Dengan dukungan dari tujuh pemkab/pemkot, acara ini diharapkan mampu memberikan solusi yang optimal untuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Perhelatan yang akan digelar selama dua hari ini akan diisi berbagai acara yang cukup menarik terutama bagi para blogger yang berasalah dari luar kota Solo. Hari pertama akan diisi dengan acara berbagi bersama pelaku bisnis online, pemerintah, dan komunitas. Selain itu akan ada juga sesi berisi materi “Pemanfaatan Internet Untuk Komunitas” oleh Nukman Luthfie. Dan puncaknya adalah acara tur kota ke Pasar Malam Ngarsapura setelah makan malam di Galabo. Hari kedua direncanakan akan diisi dengan tur yang akan terbagi dalam empat kelompok, yaitu Susur Bengawan Solo (Sukoharjo – Taman Jurug), Kunjungan batik (Laweyan, Kauman, Klewer), Kunjungan ke kerajinan tembaga Cepogo, dan Kunjungan pembuatan keris, wayang, gamelan. Seru bukan??

Dan saya sendiri akan berangkat ke acara SOLO ini bersama teman-teman dari komunitas Nak-kanak Blogger Madura yang akan bertolak dari Kamal pada hari Jumat dan menggunakan sarana transportasi kereta api dari Surabaya ke Solo. Sampai ketemu di Solo ya… 🙂

Iklan

17 Comments

  1. tempatnya di mana mas? trus akomodasinya?

    • Di Wisma Seni, akomodasi tanggung sendiri, makan dan penginapan disediakan panitia…

  2. setuju… acara SOLO emang mantabs!!!

  3. akhirnya bisa datang

  4. boleh ikut, gus … 🙂

  5. Ayo ke Solo, Sharing Online Lan Offline Bersama Komunitas Blogger Bengawan —>> ayo…… 😀
    padahhal acara dah selesai yaa…
    salam kenal..

  6. @annosmile
    Mantap, kapan2 mudah2an bisa kenalan dengan sampean..
    @bahtiar
    Wah saya dapat gelar baru nih.. 🙂
    @iyem
    Kapan2 ikut lagi..

  7. Bang Berita acara yang kemaren mana??? ini kan sebelum keberangkatan…..

  8. wah akhirnya bisa ketemu berbagai rekan blogger dari berbagai komunitas dari berbagai daerah juga di solo kemarin. Salam kenal juga cak 🙂

    • Ya, acara seperti ini memang kesempatan utk bertemu langsung dengan para blogger dari seluruh Indonesia..

  9. Seru juga satu kereta dengan Aprokan Bloger, Perjalanan lebih menyenangkan dan bisa tersenyum walau dengan BENGAWAN TRIP… Semangat bro!!!!

    • Sebenarnya pengen ikut semua tour keliling kota Solo tapi mau gmn, musti milih salah satu aja..

  10. lain kali boleh jg nih ikutan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: