Skip navigation

Salah satu keistimewaan Ubuntu yang dirilis dengan embel-embel Long Term Support atau LTS adalah dukungan dari Canonical yang lebih panjang, untuk versi desktop akan didukung selama 3 tahun dan versi server akan didukung selama 5 tahun bandingkan dengan rilis regular yang hanya menyediakan dukungan selama 18 bulan. Tapi jangan salah dulu, dukungan dalam hal ini bukan berarti ketika ada kerusakan Ubuntu maka teknisi Canonical akan datang untuk menyelesaikan masalah. Dukungan yang dimaksud adalah Canonical akan menyediakan update untuk paket-paket perangkat lunak yang tersedia untuk Ubuntu. Hal ini penting ketika misalnya saja ada kutu (bug) atau vulnerability yang berkaitan dengan keamanan atau ada update minor maupun major di hulu.

Selain itu, keistimewaan lain Ubuntu dengan embel-embel LTS adalah kemampuan untuk upgrade dari Ubuntu LTS sebelumnya ke Ubuntu LTS berikutnya. Misalnya saja upgrade dari Ubuntu 8.04 ke Ubuntu 10.04 sangatlah dimungkinkan. Hal ini tidak berlaku untuk Ubuntu versi regular, yang mengharuskan upgrade secara bertingkat. Misalnya saja jika ingin menaiktingkatkan (upgrade) Ubuntu 9.04 ke Ubuntu 10.04 maka dianjurkan untuk terlebih dahulu naik tingkat ke Ubuntu 9.10 barulah ke Ubuntu 10.04.

Pertanyaannya, “Apa pentingnya dua fitur ini Pak?”. Mmm.. bagi pengguna biasa yang selalu ingin mengikuti perkembangan Ubuntu dari rilis ke rilis mungkin fitur ini menjadi kurang bernilai tapi bagi perusahaan kelas enterprise yang membutuhkan stabilitas dan dukungan yang pasti fitur ini menjadi sebuah keharusan. Coba bayangkan betapa repotnya seorang administrator di sebuah perusahaan jika harus menaiktingkatkan semua desktop yang digunakan karyawan, belum lagi jika harus mengatasi setiap kutu yang mungkin muncul setiap kali ada rilis baru. Untuk penggunaan server, versi LTS juga lebih cocok karena dukungan yang lama selama 5 tahun dan stabilitas yang lebih baik. Selain itu dengan adanya kemampuan untuk naik tingkat antar versi LTS maka seorang administrator tidak perlu melakukan upgrade secara betingkat ketika ada rilis LTS versi baru.

Lalu bagaimana cara menaiktingkatkan Ubuntu antar versi LTS?? Sama saja seperti upgrade Ubuntu versi regular. Dalam contoh ini saya akan menaiktingkatkan server Ubuntu 8.04 LTS ke Ubuntu 10.04 LTS. Pertama ganti dulu daftar repo di /etc/apt/sources.list

sudo emacs /etc/apt/sources.list

Berkas di server saya isinya seperti berikut

deb http://10.1.2.8/ubuntu lucid main restricted multiverse universe
deb http://10.1.2.8/ubuntu lucid-updates main restricted multiverse universe
deb http://10.1.2.8/ubuntu lucid-security main restricted multiverse universe

deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid main restricted multiverse universe
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid-updates main restricted multiverse universe
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu lucid-security main restricted multiverse universe

Alamat 10.1.2.8 adalah alamat server repo lokal di kampus saya. Lanjutkan dengan mengeksekusi perintah berikut

sudo apt-get update && sudo aptitude safe-upgrade && sudo apt-get dist-upgrade

Upgrade akan berlangsung cukup lama, sangat bergantung pada kecepatan koneksi internet dan banyaknya perangkat lunak yang terpasang di server yang akan dinaiktingkatkan. Setelah semua proses selesai, reboot server kemudian cek apakah upgrade berhasil dengan perintah

lsb_release -a

No LSB modules are available.
Distributor ID: Ubuntu
Description:    Ubuntu 10.04 LTS
Release:        10.04
Codename:       lucid

Jika keluarannya seperti di atas, selamat anda telah berhasil menaiktingkatkan Ubuntu 8.04 ke 10.04.

2 Comments

  1. kk punya saya tulisannya
    sudo: emacs: command not found
    knp y ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: