Skip navigation

Lamongan menjadi satu lagi kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang mendeklarasikan perjuangan menuju kebebasan penggunaan perangkat lunak dengan peresmian wadah komunitas pengguna Free/Open Source Software dalam sebuah wadah bernama KOSLA (Komunitas Open Source dan Linux LAmongan) aka KPLI Lamongan. Acara yang menjadi ajang peresmian berdirinya KPLI Lamongan ini diberi judul “Ngoprek Bareng KOSLA Jilid I” yang dimeriahkan dengan materi “Pengenalan dan Instalasi BlankOn Nanggar” yang diisi oleh saya sendiri (matur suwun Mas Herry Setiawan atas undangannya).

Acara yang diadakan pada hari Minggu 27 Desember 2009 ini bertermpat di Perpustakaan Daerah Lamongan dan berlangsung dari pukul 09.00 WIB s.d. 13.00 WIB. Acara dimulai dengan pengenalan KOSLA oleh Mas Herry Setiawan selaku Ketum KOSLA, dalam penuturannya sang ketum menjelaskan sejarah, visi, dan misi pendirian KOSLA. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bpk. Hurip Tjahjono selaku Kepala KPDE Kab. Lamongan dan penasehat KOSLA yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Setelah itu tibalah giliran saya untuk memperkenalkan sistem operasi karya anak-anak negeri, BlankOn. Walaupun sedikit menderita demam panggung saya memulai dengan menjelaskan sedikit sejarah pengembangan, filosofi, logo, fitur khas, dan beberapa kelebihan BlankOn dibandingkan distro GNU/Linux lainnya yang saya lanjutkan dengan demo instalasi BlankOn Nanggar. Selama proses instalasi peserta yang datang dari berbagai kalangan masyarakat Lamongan tampak begitu antusias mengajukan pertanyaan seputar BlankOn dan aplikasi-aplikasi umum di berbagai distro GNU/Linux. Acara kemudian diakhiri dengan perkenalan pengurus KOSLA periode 2009/10.

Berikut ini sedikit hasil jepretan dari panitia acara Ngoprek Bareng KOSLA.

Daftar ulang

Daftar ulang peserta

Ketua umum KPLI Lamongan

Ketua umum KOSLA

Kepala KPDE Lamongan

Sambutan Kepala KPDE Lamongan

Preman dan BlankOn

Bang Preman mendemokan BlankOn

Peserta menyimak

Peserta Ngoprek Bareng menyimak

Dokumentasi resmi KOSLA bisa dibaca di sini dan foto-foto silakan cek di sana.

2 Comments

  1. kalau materinya mana dunkz om?

    • Ga pake materi oom, langsung demo aja si sayah. Soalnya cuma instalasi dan troubleshooting, di BlankOn kan udah ada buku pedeman yang sangat lengkap…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: