Skip navigation

Dua minggu yang lalu (lebih kurang, tepatnya 12-02-08), saya berkesempatan mengunjungi daerah paling timur di Pulau Madura, Kabupaten Sumenep atau Sumenep begitulah masyarakat di sini menyebutnya. Perjalanan yang harus ditempuh dari Bangkalan ternyata cukup jauh dan melelahkan. Waktu tempuh yang harus dihabiskan lebih kurang empat jam dengan menggunakan sepeda motor. Mengunjungi Sumenep dari Kamal (tempat saya tinggal) sama saja dengan mengelilingi Madura karena untuk mencapainya harus melalui tiga kabupaten lainnya. Dimulai dari Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan berakhir si Sumenep.

Sayang sekali waktu yang tersedia untuk jalan-jalan menikmati pemandangan di Sumenep tidak terlalu banyak karena memang tujuan utama kunjungan ini bukanlah untuk berwisata, melainkan untuk melakukan sosialisasi dan pengenalan BlankOn Linux di SMA Negeri 2 Sumenep. Kelar melakukan kewajiban di sekolah barulah memanfaatkan waktu untuk melawat kota Sumenep dan tempat wisata menarik yang ada di sana. Dan setelah melakukan berbagai pertimbangan, Pantai Lombang menjadi pilihan utama. Kata orang sih pantai ini memiliki panorama yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, jadi tidak ada ruginya memanfaatkan waktu yang tersisa menikmati keindahannya.

Pantai Lombang terletak sekitar sejam perjalanan dengan sepeda motor dari pusat Kota Sumenep. Tapi terasa sangat singkat karena sepanjang perjalanan mata akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah, sawah yang menghampar hijau dan awan terlihat berkejar-kejaran di kejauhan ditambah udara yang sangat segar bebas polusi. Hmm… sangat menyenangkan. Buat yang belum pernah atau belum sempat berkunjung ke Pantai Lombang saya ada sedikit souvenir dari sana. Silakan dinikmati dan jangan lupa kalau sedang di Madura singgah ke Pantai Lombang.

Sebelum masuk area pantai

Sebelum masuk area pantai

Foto di atas diambil di pintu masuk setelah parkiran di daerah Pantai Lombang, teman-teman pada narsis semua. Maklum, banyak yang belum pernah ke pantai.

Cemara udang kecil di Lombang

Cemara udang kecil di Lombang

Salah satu keunikan pantai ini adalah pohon cemara udang yang tumbuh dengan subur dimana-mana, sepengetahuan saya jarang ada pantai dengan pohon cemara paling juga pohon kelapa.

Cemara dan gazebo di pantai

Cemara dan gazebo di pantai

Dari sudut pandang lain

Dari sudut pandang lain

Suasana pantai yang rindang

Suasana pantai yang rindang

Lihat sendiri kan?? Suasana di Pantai Lombang itu sangat sejuk dan rindang karena banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai. Pas banget buat bersantai di sore hari sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantainya juga bersih dan airnya jernih, sayang pasirnya bukan pasir putih.

Ombak di Pantai Lombang

Ombak di Pantai Lombang

Pasirnya kurang bagus

Pasirnya kurang bagus

Bermain di antara deburan ombak

Bermain di antara deburan ombak

Pantai ini juga cocok digunakan untuk jjs a.k.a jalan-jalan sore.

Cocok buat jjs

Cocok buat jjs

Sebenarnya masih banyak koleksi jepretan lainnya dari Pantai Lombang tapi karena keterbatasan bandwidth terpaksa hanya beberapa saja yang saya unggah. Kapan-kapan kalau ada kesempatan saya unggah ke Picassa deh. Satu pesan dari saya, kalau sedang berkunjung ke Madura apalagi Sumenep jangan lupa ke Pantai Lombang.

62 Comments

  1. salam kenal dariku.

    owner http://www.pulaugaram.com

    • harus go internasional…..fasilitasx moga tmbah maju………ad hotspotx kl’ bs…..hehehe

      • Itu menjadi harapan kita bersama tapi kalau go international saya kuatir masyarakat sekitar ga akan terima..

  2. Dulu waktu masih kecil saya pernah ke pantai lombang. Waktu itu masih perawan pantainya. Belum ada gazebo2. Dan pasirnya itu loh. Putiih dan bersih..

    –budiw

    • ye…….lambek…..satea busen se entara k lombang…….

      • y bsen krna skrg pntai lmbang tu tnah x dbgi2 smpk2 d ksik ravi jek tnah tu mlik cp….nah dri tu lh pntai lmbang yg bsa mmbwt orng bsan…..

      • Yusman R. wiyanto
      • Posted November 12, 2009 at 1:52 pm
      • Permalink
      • Balas

      sekarang gak pernah kesana lagi ta..??
      yang jelas kalo sekarang lebih indah dari pada yang dulu,,,,

    • pantai lombang emng tiada 2nya.ke sumenep bkln rugi kalo g mampir ke pantai yang namaix pantai lombang.

  3. @van_arista
    Salam kenal juga……
    @budiw
    Itu udah lama banget dunk, yg sekarang menurut saya sih masih cukup asli asalkan bisa dijaga dari pencemaran, fasilitas perlu ditambah tapi jangan sampai menggangu keaslian alam di pantai….

    • Pantai yamg kurang bagus dan masih banyak sampah yang bertebangan …………………….lgian pasirnya kurang bagusssssssssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!dan orang sumenep hitam-hitam kulitnya

      • mang lu pernah ke pantai lombeng..??lom tau cewek sumenep yach..??cantik2 bo..soale keturunan potre koneng…

  4. Bener Bank coz yang baru pertama kali mesti pengen balik lagi (Kayak gue he..he…he) tapi sayang kita cuman bentar doank ja. tapi mang bener kok lombang sip banget ga kalah ma kuta bali tinggal di sosialisasikan aja and satu lagi yang penting komitmen pengurus wisata kudu konsisten and kreatif untuk ngembanginnya.

    • @Aris ITC
      Nyantai aja, biar bisa balik ke sana lagi itu gampang kok. Utk diklat pengurus ITC tahun depan minta ke Lombang aja, jadi kita balik ke sana kan…..

  5. Jembatan suramadu kan bentar lg bisa dipai (alias di fungsikan)..semga MaduRa +maju dan modern, shingga ke pantai nya yg indah tidak lama-lama….sbagi alternatif wisata orang sbya terutama………

  6. @hermans
    Semoga saja………

  7. Lombang memang menajubkan bagi setiap orang yang melihatnya, untuk pemkab sumenep sepantasnyalah untk mepromosiKAN LEBIH GENCAR LAGI agar seperti di Kuta Bali

    • @MOH YASIN WH
      Yup, sepakat……….

        • Yusman R. wiyanto
        • Posted November 12, 2009 at 1:44 pm
        • Permalink
        • Balas

        sip.
        dan sebenarnya banyak yang indah soal tempat dan cocok untuk dijadikan wisata, seperti badur yang terletak kebarat dari pantai lombang, dan disana juga tak kalah indahnya dari pantai lombang, hanya saja kurang perhatian dari pemerintah sumenep.

  8. stuju…

    cuma agaknya gak bisa berharap banyak ke pemkabb sumenep

    mereka terlalu asyik ma perut sendiri..

    ah andai saja pemerintah sumenep lebih baik…

  9. lombang memang aset menarik dan prospek bagi pemkab sumenep, cuma sayang promo wisatanya disbudparnya kurang maksimal dan yang perlu dipertanyakan apakah budaya masyarakatnya bisa menerima wisatawan asing seperti masyarakat bali??? tau kan kelakuan wisatawan asing??? eh… buat ITC UNIJOYO kalo ada acara di sumenep lagi SMK siap jadi tuan rumah terutama yang berkaitan dengan TIK, (seminar jaringan, Linux dan Komputer), insy Kepsek mendukung 100% dan tidak dipersulit.thx

    taufik

  10. Wah….pantai Lombang emg bgs…bgt..secara q anak sumenep….hehe..tapi sayang pantainya tidak terawat dgn baik, pdhal tiap tahun ada acara waktu lebaran biasanya orang-orang dari manapun datang k sana. meski kita bayar, tapi perbaikan fasilitas gak ada..kecewa bgt kan…tapi buat yg mau k lombang, dtg az k rumahq tar kita bareng-bareng ke pantai lombangnya. pasti seru bgt…………………………………..

    • wah… mampir yah…

  11. Wah kapan2 bs mampir..nice posting..

  12. ok….dech gw tunggu yawwwwwwww……

  13. Enak bgt tuh pntai lombang..kpan2 mampir ah.
    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

  14. enak tuh jalan2 ke pantai lombang!!

    panoramanya memang g’ bisa di ragukan

  15. aq pernah ke lombang…..mang keren pantainya,tp jauh bgt perjalanan ke sana dari bangkalan….tp terbayar dengan keindahnya kok,keren buat video klip tuh

    • Yusman R. wiyanto
    • Posted November 12, 2009 at 10:30 pm
    • Permalink
    • Balas

    lambang wisata yang indah dan nyaman bgt,,
    cocok bagi orang yang lagi membutuhkan ketenangan dan menghilangkan stress…
    kesana bareng-bareng yuk……

    ysmn : bnjr-gpr-smnep

  16. pantai lombeng masih sengketa ama warga setempat…..

  17. sebagai orang madura. harapan besar terhadap wisata terindah yang kita miliki agar tidak lekas punah karena kehidupan yang serba abstrak sekarang…
    hai.. orang-orang yang bertugas di berbagai bidang di wisata tersebut..???

  18. hmmm……
    selain sengketa tapi pantai lombang skarang banyak dijadikan temapat pembuatan film BF ala sumenep. saya punya video, 3gp cewek main di pantai lombang. bagi anda yang berminat hubungi segera saya yaaa…. tapi sayang cowoknya yang main ga kwat baru di oral udah crooot crot.
    pesan saya dirikanlah hotel di sekitar pantai lombang pasti entar rami deeeh

  19. SAYA ASLI SUMENEP,PANTAI LOMBANG SANGAT BAGUS DAN INDAH,BEGITI JUGA PANTAI SLOPENG TAK KALAH INDAHNYA, YG BERADA DI BARAT PANTAI LOMBANG,SEKITAR 8 KILOAN,JALAN KE PANTAI LOMBANG,UDAH BAGUS SEMUA BERASPAL,JLN KEBARAT TEPI PANTAI BANYAK BUKIT YG MIRIP EROPA,BATU BATU PUTIH,TAPI BG PARA WISATA DALAM NEGRI JGN SAMPAI SEPERTI ORANG LUAR NEGRI ALIAS TOERIS STEL PESION NYA,AGAR TIDAK MENGGANGGU MASYARAKAT ASLI MADURA,,KUSUSNYA AREK ANGKER JALANAN,,SALAM JUMPA DI LOMBANG,RAWI MANTAJUN DASUK SUMENEP,

  20. oooh keren banget ooy

  21. whei .teppa” cong.lombang emang mengagumkan.tapi dah mmbosankn bagiq.oy tan taretan madure..jgalah kkompakn slalu..hancurkan k.ramdan tokang korupsi jeh..hahaha

  22. whei saya sbagai cALonpengantRAMDAnakanmenampungaspirasikaliansemuah.h.h

  23. wow mantap and kereeeeennn.

  24. apa yg kalian srankan ud aku bca cmwanya n aku sngat bangga dg pntai lombang cz aku org smnep tulen n buatku pntai lombang sbgai bali k2

  25. apa yg kalian srankan ud aku bca cmwanya n aku sngat bangga dg pntai lombang cz aku org smnep tulen n buatku pntai lombang sbgai bali k2, tp yg aku hwtirkan lombang itu sprti yg dktkan diatas (djdkan pembuatan film BF)wah jd g steril ge tuc pntai

  26. Kpn yak? bs k lombang ge . . .
    pdhl, krg ge lburan panjang..🙂..
    salam knal cmwa yah.. anag mdura.
    Dina di jakarta.

  27. tolong share dong..aq pengen bgd ke pantai lombang ini,,
    kira2 klo perjalanan dari sby dengan kendaraan pribadi ke pantai lombang brp jam ya?? trus apa ada petunjuk arahnya? krn saya blm pernah ke daerah madura sama skali..terima kasihh yaa,,
    infonya bisa tolong email ke cherrylips_noph@yahoo.com
    thx!!

  28. memang bener2 indah di pantai lombang, sampai aq lupa waktu padahal hari udah sore dari saking asyiknya main,,,,,…. hehehe.,.,.,., aduhh.,., klo wudah ingat waktu main disana jdi pingin lagi nech perga ksana,.,.,,

  29. ne dia kebanggaan orang2 sumenep…

    • Tapi masih perlu banyak pembenahan dan promo, supaya lebih dikenal orang..

  30. Terima kasih telah memperkenalkan tanah kelahiran ku yg sangat indah,semoga perjalanan anda sangat berkesan dan mau kembali lagi…………….

    • Saya masih tinggal di Madura sampai sekarang…

  31. eh makaci atas info mu q bisa dapt ide

  32. ntar kl ketemu m foreigner q kc tw ap it sumenep yang sebenar nya
    Q pengen jd duta sumenep
    AMIN…..

  33. saya sangat bangga menjadi orang indonesia,,,
    karena Indonesia memiliki pulau madura khususnya Di daerah sumenep.

    Kita harus bersyukur kepada allah yang memberi keindahan “Pantai Lombang”, Kita harus melestarikan Pantai tersebut , supaya bisa dilihat oleh anak cucu Kita.

    —===== We Love Sumenep =====—

  34. pantai lombang tiada duanya…………………………

  35. Hm. . . .Jd pngen k’PAntai LoMbang. . . Skalian ktemu CaMer disumenep. . .hiehiehie. . . Jauh jauh dri Banjarmasin. . He

  36. alah, pantai lombang sudah basi, temptnya ja uga brntkan, gk kruan. poko’e malez ke pntai lombang. pa lgi d tmbh masyarakatnya yang primitif hahahahahahaha, ya smga ja msyarkt dsna bsa mngakui akan kmajuan teknologi, byr gak bgtu-bgtu ja. am-in.

    • Kalau mau dilirik orang memang butuh perubahan, mulai dari kebiasaan masyarakat hingga pemerintah

  37. PANTAI LOMBANG BESOK AKU KESANA……HAHAHAHAHA

  38. is the best

  39. sumenep ……………..sekilas mungkin biasa aja kedengaranxdi telinga tapi siapa aja yang pernah bekunjung ke sumenep di jamin deh seru n pasti tak terlupakan ……….

  40. Hmmmm…boleh tu….Pantainya masi sepi…boleh2…cos aku g suka keramaian..jdi bisa tiduran dipantai tanpa kawatir ketendang orang yg lagi lalu lalang…apalagi..aku suka air…!!! Lumayan buat honey moon..hehehehe…klo dr sby, kira2 btuh brpa jam y????

  41. generasi muda sumnep mari jangan cma berpangku tangan.catatan sejarah pariwisata menanti kita.

  42. betul_betul..
    Pntai l0mbang emng ok punya. . .
    Tp meski aq anak smenep asli,, aq blom pnh ke l0mbang.. Hehe..
    Coz jrang jrng di sumenep. . .

  43. memang betul kalau sumenep disebut kota wisata
    cuma sayangnya, petugas karcis koq ndak pakai seragam

  44. ushakn brtax aktual

  45. Pantai lombeng memang cantik perlu di tingkatkan promosinya biar tambah banyak wisatawan yg datang.


2 Trackbacks/Pingbacks

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Pesta Blogger 2010, Preman Terminal. Preman Terminal said: @infopb2010 Wisata Pantai Lombang Sumenep: http://t.co/Hz9qzZ9 tapi ini di ujung timur Pulau Madura, satu2nya pantai dgn cemara udang […]

  2. […] : https://rotyyu.wordpress.com/2009/02/25/wisata-pantai-lombang-sumenep/ Download doc Download Pdf Category: Beach In Madura You can follow any responses to […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: