Skip navigation

Setelah membaca lebih lanjut diskusi tentang bug #289925 yang menimpa pyopengl, saya melihat bahwa salah seorang peserta diskusi di sana sudah menemukan solusi sementara / workaround untuk masalah ini. Dari diskusi di sana juga saya mengetahui bahwa bug ini tidak hanya terjadi di platform x86_64 saja tetapi juga terjadi pada platform x86 / i386. Selain itu bug ini juga belum dipastikan milik paket (perangkat lunak / pustaka) yang mana karena segmentation fault ini tidak akan dijumpai pada mesin yang menggunakan VGA nVidia seperti yang saya gunakan di kontrakan. Dan memang benar ketika saya coba di PC saya dengan VGA nVidia GeForce 6100 saya tidak menemui galat “segmentation fault” seperti ketika saya mencoba pyopengl di PC milik lab dengan VGA Intel.

Wah, kok jadi cerita panjang lebar ga jelas ya? Oke, langsung saja untuk menghindari galat segmentation fault di pyopengl yang perlu kita lakukan adalah memanggil glutCreateWindow() sebelum memanggil glutInitDisplayMode() dan kita tidak akan pernah menemui lagi galat segmentation fault ini (setidaknya dari pengalaman saya sejauh ini).

arjuna@janaka:~/Desktop$ python
Python 2.5.2 (r252:60911, Oct  5 2008, 19:24:49)
[GCC 4.3.2] on linux2
Type "help", "copyright", "credits" or "license" for more information.
>>> from OpenGL.GL import *
>>> from OpenGL.GLU import *
>>> from OpenGL.GLUT import *
>>> glutInit([''])
['']
>>> glutCreateWindow('PyOpenGL workaround')
1
>>> glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB | GLUT_DEPTH)
>>>

Yah, akhir kata semoga kutu yang satu ini cepat diselesaikan.

Tinggalkan Balasan

