Skip navigation

Sore tadi (08-01-2009) hujan turun cukup deras di daerah Telang sekitarnya dan memaksa saya untuk tetap tinggal di lab hingga malam ini. Untungnya petir yang bersahutan tidak sampai membuat listrik padam sehingga saya tetap bisa berkelana di dunia goib ini. Di tengah pengembaraan saya terhenti sejenak di blog ini dan menemukan tulisan tentang tiga hukum.

Dari ke-tiga hukum ini yang pertama sudah pernah dan biasa saya dengar dan baca, sedangkan dua yang lainnya belum pernah lihat sama sekali (saya sepertinya kurang gaul nih). Hukum-hukum tersebut adalah:

  1. Yang pertama tentu saja adalah hukum yang sudah sangat terkenal di dunia komputasi. Moore’s Law: CPU performances doubles every 18 months.
  2. Kedua hukum tentang lebar pita jaringan. Gilder’s Law: the total bandwidth of communication systems triples every twelve months.
  3. Ketiga adalah sebuah hukum tentang hubungan antarajaringan dan penggunanya. Metcalfe’s Law: the value of a network equals approximately the square of a number of users of the system.

Apakah masih ada hukum-hukum lain yang belum saya ketahui??

10 Comments

  1. Berdasarkan UU HAKI : pengedar (vendor illegal), penjual (dealer) maupun pengguna (end user) yang memakai produk software illegal bakal di kenai HUKUM-an ataupun Sanksi Denda mulai dari Rp. 500 juta !!!

    • @Setiajie
      Itu sih hukum pidana oom 🙂 , maksud saya hukum2 seperti hukumnya paman Moore ini….

  2. wah…nambah lagi nih informasi dan pengetahuan saya tentang dunia IT lae…
    tks infonya yah…

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

    • @bonar
      Sama2 lae……

  3. He……..3x!!!
    ternyata d teknologi informasi ada hukumnya ya???
    bukan BHP aja ya yg ada hukumnya..!!! ^_^
    Bang jgn lupa comment blog aq jg ya…!!!!
    thanks…!!!

    • @ekojoe
      Ya ya lah, masak ya ya dong??
      Sip……

  4. Yang pertama , pernah baca dari artikelnya pak Budi Raharjo.
    Yang kedua dan ketiga, barusan denger… maknyuss juga tuh…

  5. @caktopan
    kalau yg pertama itu memang salah satu hukum paling terkenal di dunia IT oom, kalau yg dua itu saya juga baru dengar……

  6. ada lagi :
    hukum Roy Suryo : setiap foto XXX itu pasti di ambil dari handphone merek Nokia (karena saya analisa meta file-nya).

  7. @setiaji
    lah terus orang yg berhak mendapat kehormatan sebagai pencetus hukum ini Roy Suryo atau bos Setiajie??


Tinggalkan Balasan

