Skip navigation

Seringkali pengguna pemula yang baru migrasi ke GNU/Linux menghadapi kesulitan ketika hendak menjalankan suatu program secara otomatis saat komputer dihidupkan dan pengguna login ke desktop. Dalam artikel ini saya akan menunjukkan bagai mana mudahnya melakukan hal ini di BlankOn yang menggunakan desktop Gnome. Tulisan ini sangat tidak manjut buat mereka yang sudah lama bermain-main dengan GNU/Linux, jadi silakan menutup artikel ini jika Anda termasuk pengguna lanjut di GNU/Linux.

Versi BlankOn yang digunakan dalam tulisan ini adalah BlankOn 4.0 Minimalis jahitan harian 20081213 di atas mesin HP Compag P4 2.40 GHz. Untuk menjalankan program secara otomatis atau istilah gaulnya autostart di Gnome, kita perlu menambahkannya ke sesi. BlankOn sudah menyediakan sebuah utilitas khusus untuk menjalankan sebuah program secara otomatis. Utilitas ini bernama gnome-session-properties. Klik menu System-Preferensi-Sesi untuk memulai utilitas ini.

Akses Menu Sesi

Akses Menu Sesi

Setelah itu dialog utilitas gnome-session-properties akan terbuka, di sana akan terlihat program-program mana saja yang akan dijalankan secara otomatis saat seorang pengguna login ke desktop.

Preferensi Sesi

Preferensi Sesi

Klik tombol Tambah di jendela ini untuk menambahkan program baru yang akan dijalankan secara otomatis (dijadikan autostart). Dalam contoh ini program yang akan ditambahkan ke sesi adalah Pidgin. Maka masukkan Pidgin ke field Nama, pidgin ke field Perintah, dan Pesan Instan ke field Komentar.

Tambah Program Startup

Tambah Program Startup

Klik tombol Tambah untuk menyelesaikan tahapan ini, dan jendela utama utilitas ini akan terbuka kembali dan akan terlihat program Pidgin sudah ditambahkan ke sesi.

Pidgin Telah Masuk Sesi

Pidgin Telah Masuk Sesi

Silakan logout dan login kembali untuk melihat perubahannya. Cara ini juga berlaku untuk menambahkan program-program lain untuk dijalankan secara otomatis. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah semakin banyak program yang jalan saat startup akan memakan waktu yang semakin lama.

4 Comments

  1. imho….
    lebih mudah gini:
    vi xsession
    trus tambahkan satu baris ini aja:
    sleep 3 && pidgin &

    save. selesai. beres.
    daripada capek2 klik2 sana sini :))

  2. oops salah ketik.
    harusnya:
    vi .xsession

  3. @dennyhalim.com
    Kalau cara seperti ini dikasih tunjuk ke pemula, bisa pada kabur dunk mas….

  4. kalau program yang diinstal di wine bisa jalan juga gak om ? kalau dimasukkan ke menu startup ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: