Skip navigation

Belum tahu apa itu gnash? Gnash adalah flash player “free” dan gratis yang dikembangkan oleh proyek GNU. Gnash ini bisa digunakan sebagai player berdiri sendiri (standalone) atau sebagai plugin untuk browser termasuk Firefox. Saat ini gnash masih dalam pengembangan dan masih berstatus beta, jadi jangan heran kalu banyak masalah terjadi. Seperti yang saya alami dan akan ceritakan di sini.

Ceritanya saya mau pasang flash plugin di Firefox di Ubuntu 8.10, di repo ada beberapa pilihan salah satunya adalah flash plugin dari Adobe. Sialnya setiap kali saya mencoba melakukan instalasi selalu galat karena situs Adobe untuk mengunduh plugin ini (katanya) sedang down. Pikir punya pikir, dari pada tidak bisa lihat youtube, saya memutuskan masang gnash saja, hitung-hitung coba juga lah produk “free” ini.

Instalasi berlangsung lancar. Namun ketika saya masuk ke dashboard saya di wordpress, ada yang aneh dengan statistik yang ditampilkan. Ini saya tempelkan skrinsyutnya.

Statistuk dengan gnash

Statistuk dengan gnash

Awalnya saya kira ini memang tampilan baru dari wordpress karena memang baru-baru ini wordpress baru saja menyemir tampilan dashboard-nya. Tapi ternyata tidak, ketika saya buka di salah satu PC di lab yang sudah terpasang flash plugin dari Adobe (nonfree) tampilannya berbeda. Ini saya tempelkan skrinsyutnya.

Statistik dengan flash

Statistik dengan flash

Apakah ini termasuk bug? Saya kurang tahu, tapi mudah-mudahan gnash akan semakin baik ke depan karena terus terang jika ada “free software” saya tidak akan menggunakan perangkat lunak dengan akhiran “non-free”.

10 Comments

  1. wah kurang tau tuh om,
    kalo saya sih masih lebih suka swfdec daripada gnash soalnya gnash cukup berat. tapi saat ini saya pakeknya yang dari adobe

  2. @ordinareez
    Ya oom, saya akhirnya masang yg swfdec juga, hasilnya tidak terlalu mengecewakan. Saya malah setuju dengan beberapa pendapat teman2 komunitas bahwa adobe mulai kuatir dengan perkembangan swfdec dan gnash, sampai2 mereka akhirnya mengeluarkan yg versi 64-bit.

  3. swfdec bisa untuk opera ? ada tutorialnya ?

    aku ga bisa install flash untuk opera😦

  4. Saya malah baru tahu player ini, ntar deh saya coba dulu.

  5. @rio2000
    saya kurang ngerti mas, belum pernah make Operas soalnya.
    @sofwan
    Buruan dicoba gih, siapa tahu hasilnya beda.

  6. ich…. dingin….🙂
    tp cpu-nya jadi hot…😦

  7. Nice info Lae. Ternyata orang Siantar toh. Koq bisa kesasar ke sana?🙂

    Btw, bolehkah aku minta tukeran link? Link lae udah dipasang ya🙂

  8. @eshabe
    yg dingin apanya nih bos??
    @Andos
    Ya lae, saya orang Siantar.
    Wokeh nanti link ke blog lae saya tambahkan di sini….

  9. dingin, banyak salju🙂
    di firefox-nya Ibex, cpu load tinggi… ngeri….😦

  10. @eshabe
    ooo, gitu toh…….


Tinggalkan Balasan

