Skip navigation

Novel dan Film Laskar Pelangi memang akan selalu menarik untuk dibahas. Berbagai nilai dan fakta dibalik kisah fantastis novel, yang kemudiian diangkat ke layar lebar oleh sutradara Riri Riza, karya Andrea Hirata ini mempunyai daya tarik magis yang cukup membuat orang penasaran. Salah satu misteri yang telah membuat banyak orang penasaran adalah perihal tokoh bernama Lintang dalam Novel maupun Film Laskar Pelangi. Pada beberapa kesempatan Andrea Hirata maupun teman-temannya selalu mengelak untuk memberi tahu siapa sebenarnya tokoh Lintang dalam Laskar Pelangi.

Bahkan Bu Mus, guru SD Muhammadiyah tempat Lintang dkk bersekolah, yang saat ini mengajar di SD Negeri 6 Gantong dan sedang menunggu pensiun berkata “Saya tidak ingat, siapa Lintang?” ketika beliau ditanya siapa Lintang. Jika dipikir-pikir lagi mungkinkah seorang guru melupakan muridnya yang paling jenius seperti Lintang. Demikian juga halnya dua teman Ikal (panggilan Andrea Hirata dalam Laskar Pelangi) Syahdan dan Kucai mengaku tidak mengenal Lintang dan menjawab bahwa Andis (nama panggilan sebenarnya Andrea Hirata sewaktu kecil) adalah orang paling pintar di kelas.

Hmm, lalu siapakah Lintang itu sebenarnya? Mungkinkah dia hanyalah tokoh rekaan Andrea Hirata? Atau mungkinkah Lintang itu adalah Andrea Hirata sendiri? Mengenai kemungkinan ini, seorang teman saya berkata mungkin saja Lintang adalah Andrea Hirata sendiri. Ya siapa tahu, hanya Andrea Hirata sendiri lah yang paling tahu tentang hal ini. Dan biarkanlah waktu yang akan menjawab semuanya.

Sisi lain yang cukup menarik dari Laskar Pelangi (walaupun saya belum membaca novelnya), kisah ini disajikan dalam bentuk cerita fiksi walaupun sebenarnya isi dari ceritanya adalah kisah kehidupan sang penulis (saya menyimpulkan ini setelah melihat filmnya dan mendengar cerita dari teman saya tentang isi novelnya). Hampir semua tokoh dalam cerita ini masih hidup dan ada ketika cerita ini diangkat ke dalam novel maupun film. Bahkan Mahar yang saat ini menjadi guru kesenian di SMA Negeri 2 Tanjung Pindan sempat mengantarkan anaknya untuk mengikuti casting namun tidak lulus.

Fakta dan misteri inilah yang mungkin telah mengangkat popularitas Laskar Pelangi, di samping nilai-nilai yang terkandung dalam kisah ini. Hal-hal menarik lainnya bisa dibaca di sini.

Iklan

39 Comments

  1. hmmm githu ya!!! apa lintang = ikal

  2. Lintang.
    Misterius?!
    padahal justru karakter ini yang begitu banyak menginspirasi orang. dan mungkin saja bahwa Lintang adalah Andrea Hirata.

  3. @zoel chaniago
    kayaknya sih…
    @Mas. Sadja
    yup, dia memang tokoh yg sangat inspiratif bgt, dia adalah siswa pertama yg hadir di sekolah, dia datang dari jauh dan harus melewati buaya yg buas stetiap hari, tapi itu semua bukan halangan baginya utk tetap menuntut ilmu

  4. yg penting filmnya bagus hehehe

  5. oo… gitu ya….
    hmmm….
    pantesan agak anehnya kok di novel Sang Pemimpi sama novel Edensor kok tokoh Lintang ini menghilang sama sekali ya? yang ada malah kemudian muncul tokoh Arai sebagai inspirator bagi Ikal.

  6. ooooooh gitu yaa
    padahal dari dulu saya sellalu memprertanyakan gimana kelanjutan kisah hidupnya si lintang.

  7. @ocid
    saya belum baca tuh novel lanjutannya, lebih enak nunggu filmnya aja kayaknya….
    @reina
    sama, saya juga bertanya2 dalam hati,
    bagai mana nasib si jenius itu sekarang…
    eh tahunya…

  8. @yadhi
    sepakat!

  9. mm……
    embuh ach! yg tidak misteri adalah ahir bulan ini ada rilis baru distro linux.

    hk… kk… 😀

  10. Hahahaha…..

    Belum baca novelnya kok sudah bisa berkesimpulan bahwa itu adalah kisah hidup sang penulis. Belum tentu kaleee…. 😀

  11. @eshabe
    itu sih bukan misteri mas, tapi hal yg pasti akan terjadi……
    @kirman
    tapi Andrea Hirata sendiri mengakui tuh, dan memang kenyataan kan…
    buktinya aja semua tokoh yg ada dalam film itu masih ada saat ini..

  12. betul…….
    Siapa LINTANG itu???…

    sampai saat ini keberadaannya sangat tidak diketahui.. mungkin ini akan menjadi sebuah rahasia besar dalam filem laskar pelangi ini dan jika memang benar lintang adalah Andrea Hirata maka …… (no commend)
    tetapi jika lintang ini bukan Andrea Hirata berarti cerita ini akan lebih sempurna… karena lintang telah memeberikan inspirasi yang sangat besar hingga menimbulkan mahnet yang besar bagi generasi muda lainnya agar berjuang demi pendidikannya…

    so klo udah ada yang tau siapa itu lintang katakannlah untuk sebuah kebenaran dan sesuatu hal yang sangat indah untuk mengenalnya… siapapun dia …..bagaimana dia sekarang….itu adalah kehidupan.. dan harus diterima…..

    akhir cerita LINTANG …. kau sudah membuat orang untuk semangat menjalani hidup dan memberi berjuta inspirasi untuk hidup ini……

  13. @aira
    komennya panjang banget yak…
    tapi Lintang memang inspirasi deh terlepas apakah
    di tokoh real atau hanya rekaan Andrea Hirata…

  14. terlihat koq kalau lintang itu rekaan untuk memperindah cerita …., lagian manalah mungkin di pedesaan belitong gitu anak SD sudah punya bacaan yang hebat2 seperti dalam novel ? katanya sih dari perpustakaan kepala sekolah ya ???
    bukan untuk merendahkan kwalitas novel Laskar Pelangi : yang saya salut, kemauan Andrea Hirata untuk menulis.., sekali lagi : KEMAUAN ANDREA HIRATA UNTUK MENULIS ..
    hal ini juga saya tulis di :
    http://rapmengkel.com

  15. rekaan untuk memperindah cerita? kayaknya ga deh…

  16. @rapmengkel
    lagian itu masih zaman baheul gitu yah…
    tapi memang apapun itu semua, yg jelas Lintang
    telah mampu memberikan inspirasi bagi banyak orang
    @huggies4u
    trus apa dunkzzz?

    • Fahmi aceh tengah
    • Posted Oktober 26, 2008 at 3:07 pm
    • Permalink
    • Balas

    Kalaw qu mendengar lagu laskar pelangi sepertinya qu inggin sekali men

  17. Thanks for your ” information ‘
    baru tahu nih…
    buat aku, the point is :
    Laskar Pelagi adalah sebuah inspirasi

  18. @Fahmi aceh tengah
    ingni apa bro, kok ga dilanjutin…..
    @watchson
    sami2 bro….

  19. Gw sih gak keberatan Andrea menciptakan tokoh rekaan seperti Lintang, karena rekaan atau tidak faktanya banyak Lintang-lintang di sekitar kita. Anak2 luar biasa pintar yg harus putus sekolah karena masalah ekonomi.

    Nasib bokap gw perssiiis kayak Lintang, ranking 1 abadi, tapi (seperti Lintang di versi novel) putus sekolah di SMP untuk bantu orangtua menafkahi adik2nya karena dia anak lelaki tertua. Bokap gw masih jago menyelesaikan soal2 matematika, fisika dan kimia dalam taraf yg sama dengan adek2 gw yg kuliah di fakultas teknik dan MIPA UI. Jika Ikal bisa sukses karena terinspirasi nasib Lintang. Gw dan adek2 gw terinspirasi oleh nasib bokap.

    Gw berterima kasih pada Andrea yang lewat Laskar Pelanginya ini sudah mengingatkan gw betapa besarnya inspirasi yang sudah diberikan bokap kepada gw dan adik2.

  20. @indi
    benar, sepertinya Andrea memang ingin mengangkat hal ini ke permukaan, hal ini juga yg selalu ada dalam pikiran saya setelah melihat film Laskar Pelangi.
    Bagai mana nasib bangsa ini jika semua generasi jenius bernasib seperti Lintang??

  21. ya Lintang tuh tokoh asli gitchu. siapapun (mungkin) nama aslinya

  22. @huggies4u
    ya… ya… ya…
    maybe…

  23. Menurut gw, Lintang adalah bagian diri dari Andrea Hirata yang pintar.
    Jadi Andrea Hirata membagi 2 sisi karakternya menjadi Ikal dan Lintang..

    Kaliii

  24. @Traps
    sepakat bro…

  25. @Traps
    sepakat lah aku sama pendapat kau…

  26. duh jadi bingung….

  27. @andariuz
    Ga usah bingung, nikamati saja cerita di novel dan filmnya.

  28. waduh, kalo gitu siapa dunk lintang?

    padahal ku salut banget ma lintang…………………….

  29. @Mukti
    Sebenarnya tidak perlu dipertanyakan mas, Lintang adalah gambaran kebanyakan anak2 jenius tapi kurang beruntung di negeri ini, semua itu karena terpaksa oleh keadaan. Coba saja lihat sekolah2 bagus, PTN2 favorit, mana ada orang desa yang sanggup duduk di sana, pendidikan di negeri ini hanya untuk orang kaya.

  30. Tidak perlu tahu siapa Lintang yang penting dia adalah tokoh yang memberi inspirasi untuk semangat belajar anankku bahwa Lintang anak cerdas tetapi kemiskinanlah yang membuat dia tidak mampu bersekolah, Tapi kita patut nangis kalau kita kalau ingat UUD bahwa fakir miskin dan anak dijamin oleh negara.
    Jaman sekarang mau sekolah saja repot , tiap orang bakatnya lain lain ada anak yang berbakat dibidang seni, ada anak yang berbakat hitungan, akan tapi di sekolah anak didik diperkosa untuk mengikuti Ujian Negara dengan 3 matapelajaran utama harus bernilai 10. Akhirnya kita hanya bilang “Nak sekolah itu hanya cari Ijazah saja, sekarang kita bisa beli, yang penting untuk masa depanmu adalah menjadi orang kaya, bisa apa saja seperti Syeh Puji”

  31. Gak penting Lintang itu ada beneran atau tidak.
    Yang penting, Andrea Hirata telah membohongi kita semua, dia berkata bahwa Laskar Pelangi adalah kisah nyata, bukan rekaan. Hal ini berulang-ulang dia sampaikan di media.

    Faktanya?
    Bukannya Lintang yang ketahuan jejaknya, tapi Roxanna, yang ditampilkan sebagai sosok Flo yang muncul, sebagai mantan istri yang tidak diakui.
    Dasar pembohong!!!

  32. @yogyaturism
    yup, mudah2an nasib anak2 seperti Lintang bisa lebih baik di masa mendatang…
    @Andi
    saya kagak tahu menahu kalau masalah ini mas, tanya aja langsung ke Andrea Hirata…

  33. Laskar pelangi ceritanya bagus dan menginspirasi. Sy gak pernah mempermasalahkan lintang dan a ling itu fiksi. Kalo fiksi jg gak papa, selagi membuat org terinspirasi itu bagus. Tp seharusnya andrea, manajemen dan penerbit harus jujur dr awal kalo itu fiksi. Toh gak akan mengurangi isi bukunya. Jangan malah mengaku nyata. Sehingga terkesan menipu pembaca u/ menaikkan oplah buku. Ini mjd hal yg sulit dikesampingkan krn integritas mereka dipertanyakan?

    • @Meta
      Sepakat, saya malah mau baca itu tetralogi kalau ada yg mau minjamin……
      Baru baca yang Edensor doang dan pendapat saya hanya bisa digambarkan
      dengan satu kata “mantaf”.

  34. aq stuju tuh,,,,,,banyak dalm novel laskar pelangi yang menjadi pertanyaan buatq,,,,liat aja Lintang g msuk akal pulank pergi naik speda tiap hr 40 km,,,jauh bgt booo,,,,n aq kepingin bgt ketemu ma lintang,,,,klo dia se cerdas ma apa yg di bilang andrea,,,,,tapi klo itu cma imaginasi doank,,,yah,,,syang bgt padahal orank semua dah terinspirasi ma lintang,,,,,

    • @fara
      Tapi itulah yg namanya karya sastra, butuh bumbu supaya lebih sedaap…….

  35. hmm…. gimana yah? soalya, biar gimana juga, teteup jjah lintang itu adalah tokoh yang paling disorot selain mahar dan ikal itu sendiri, tapi, selain itu, katanya flo juga….. duh bungung dech! tapi laskar pelangi is the best

  36. ga mungkin tu lintang = ikal ? ? ? ?


4 Trackbacks/Pingbacks

  1. By Lintang:Who is he? « big is beautiful on 26 Okt 2008 at 12:29 pm

    […] kemaren qo ada tulisan-tulisan tentang fakta menarik seputar Laskar Pelangi yang menggelitik (????) rasa ingin tahu. yang menarik sih terutama soal eksistensi keberadaan […]

  2. […] erat dengan tokoh penting di Laskar Pelangi yaitu Lintang. Ini saya dapat ketika saya blogwalking ke sini kemudian ke sini.Salah seorang anggota Laskar Pelangi yaitu Aman alias Akiong yang sekarang menjadi […]

  3. […] erat dengan tokoh penting di Laskar Pelangi yaitu Lintang. Ini saya dapat ketika saya blogwalking ke sini kemudian ke sini. Salah seorang anggota Laskar Pelangi yaitu Aman alias Akiong yang sekarang […]

  4. By Misteri Lintang dan Laskar Pelangi | Ocidbrass on 30 Agu 2016 at 2:29 pm

    […] erat dengan tokoh penting di Laskar Pelangi yaitu Lintang. Ini saya dapat ketika saya blogwalking ke sini kemudian ke sini. Salah seorang anggota Laskar Pelangi yaitu Aman alias Akiong yang sekarang […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: