Skip navigation

Biasanya saya sangat malas memberi komentar di blog yang menggunakan platform Blogger seperti blog saya yang satu ini. Alasannya sebenarnya sangat sederhana, form komentar di Blogger ini (menurut saya) agak aneh. Ketika seseorang hendak menuliskan komentar maka form yang dibuka bisa berupa jendela baru (yang sering kali terlupakan) atau jendela penuh dengan meninggalkan artikel aslinya. Walaupun sederhana, hal ini merupakan fitur yang paling banyak mendapatkan kritik dari para pengguna Blogger. Oleh sebab itulah Google dan tim Blogger telah memperbaiki fitur ini dengan menyediakan form komentar yang dapat disematkan/disisipkan di bawah artikel atau biasa dikenal dengan istilah embedded comment.

Fitur ini tidak akan ditemukan dan dapat digunakan pada blog yang menggunakan Blogger standar.Ā  Untuk menikmati fitur ini kita harus masuk ke Blogger melalui Blogger in draft, sebuah layanan dari Blogger bagi orang-orang yang ingin mencoba fitur-fitur terbaru Blogger yang masih dalam tahap pengembangan. Setelah login masuk ke pengaturan komentar dan pilih “Disemat di bawah entri” atau “Embedded comment”.

Langkah berikutnya adalah mengedit template, masuk ke bagian Tata Letak lalu Edit HTML. Jangan lupa untuk mencentang pilihan “Expand Template Widget”. Sebelum melakukan apapun jangan lupa untuk membuat salinan template yang Anda gunakan, kemudian cari potongan kode berikut ini

<p class='comment-footer'>
      <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</p>

Perlu diingat bahwa ketika Anda mencari string ini, string yang akan diubah adalah string yang kedua bukan yang pertama kali ditemukan. Ganti potongan kode di antara tag

<p> </p>

di atas dengan kode berikut

<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</b:if> </b:if>

Cara paling mudah untuk menemukan string di atas adalah menggunakan editor teks untuk mencari string

<p class='comment-footer'>

Simpan perubahan pada template blog untuk mengaktifkan fitur baru ini. Jika semua berjalan lancar, ketika seseorang membaca artikel diblok kita maka ia tidak perlu lagi membuka jendela baru atau meninggalkan artikel yang sedang dibaca karena sudah tersedia sebuah form komentar yang disematkan di bawah entri/artikel.

Kredit: my-blogwalking.blogspot.com

23 Comments

  1. thaks artikelnya

  2. @tyo
    sami mawon

  3. perubahan template berhasil, tp tidak ada perubahan?? apa masih ada yg kurang mas?

  4. @cak angon
    udah tuh mas, saya sudah dari sana kok……..

  5. Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/19/sejarah-telekomunikasi-indonesia-telkom-bag-2/ terima kasih banyak.

  6. @arif_usman
    Oke deh, langsung menuju ke TKP oom…….

  7. trimakasih

    • @win
      Sama2…….

  8. gmn kabarnya mas
    ?

  9. šŸ˜€

  10. …..tipnya simple tapi cespleng. dah tak coba di blogku and langsung nampang……
    trim’s gger………

  11. Gak ada perubahan pada komentarnya, bisa bantu ?

  12. Udah bisa Bos !! Thanx

  13. Mantabs,,,

  14. siiiip dech…

  15. makasih mas

  16. gimana om cara membuat kotak komentar seperti punya anda

  17. Sip Gan langsung d praktekan. ma kasih atas infonya.

  18. Ma kasih banget mas atas share nya.

    • Sama2, makasih juga udah berkunjung ke mari,,

  19. Keren banget dah di uji coba di blog saya jalan. terimakasih atas infonya.

  20. Hi… Kunjungi shop online ku ya

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7737257

  21. dicoba dulu neh gan.. thanks gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: