Skip navigation

Hari ini ada sebuah email yang masuk ke milis Ubuntu Id yang cukup membuat telinga saya panas. Bagai mana tidak, isi email ini dengan jelas berusaha mendiskreditkan Linux dengan cara menyebarkan indormasi yang (menurut saya) kabur. Saya sebut kabur karena informasi ini hanya memberikan sepotong fakta tentang sebuah bug di kernel Linux 2.6.27-rc yang sebenarnya sudah diselesaikan dengan baik dan saat ini tidak lagi menimbulkan masalah berarti. Coba perhatikan petikan email berikut ini

Linux Ubuntu dapat merusak hardware komputer

Ini adalah sebuah peringatan bagi pengguna operating system Linux Ubuntu dan para fans Linux. Para calon pembeli notebook yang didalamnya terinstall OS Linux Ubuntu juga patut mewaspadai ini. Telah dilaporkan bahwa penggunaan OS Linux Ubuntu kernel terbaru (2.6.27-rc) ternyata dapat merusak Intel network adapter. Bug ini bahkan dapat menyebakan kerusakan secara permanen dimana network adapter tak dapat diperbaiki lagi.

Mengingat mayoritas network adapter saat ini tertanam pada motherboard (onboard) maka tragedi ini tentu akan menyebabkan seluruh PC atau notebook anda harus masuk rumah sakit. Problem fatal ini disebabkan karena Linux Ubuntu 2.6.27-rc membuat corrupt NVRAM yang digunakan pada network adapter Intel untuk menyimpan data seperti MAC address.

Kerusakan yang muncul mayoritas terjadi pada notebook, oleh karena itu bila anda membeli notebook yang telah terinstall OS Linux sebaiknya segera dihapus dan diganti Windows, karena kodrat OS Linux pada notebook memang diciptakan untuk dihapus.

Linux memang lebih cocok bagi orang yang ingin produktifitasnya menurun dan ingin mempersulit diri sendiri dengan segala keterbatasan. Ditambah lagi dengan adanya bug yang bersifat destruktif ini, maka jelas Linux hanyalah sebuah OS “cacat” yang eksistensinya hanya akan merepotkan pengguna notebook maupun PC desktop.

Apabila diperhatikan dengan teliti, informasi (masalah driver intel dalam kernel 2.6.27-rc) dalam email ini memang ada benarnya, tetapi ini sudah tidak valid lagi karena masalah tersebut sudah diselesaikan dan tidak lagi menimbulkan masalah berarti pada rilis kernel stabil sedangkan kernel yang dipermasalahkan dalam hal ini masih dalam tahapan release candidate a.k.a RC yang tidak akan di rilis ke publik (kecuali para bug hunter kernel) dan bagi orang yang nekat untuk menggunakan kernel pada tahapan rc juga sudah mendapatkan peringatan tentang bahaya yang mungkin timbul.

Selebihnya isi dari artikel dalam email ini terkesan sangat arogan dan tidak menghargai Linux bahkan cenderung mendiskreditkan Linux. Saya sangat tidak setuju dengan pendapat bahwa Linux hanya cocok untuk orang-orang yang ingin produktivitasnya menurun. Buktinya selama ini saya menggunakan Linux, lab yang saya kelola juga menggunakan Linux, teman-teman saya juga menggunakan Linux, dan kenyataannya produktivitas mereka tidak lebih rendah dari orang-orang yang menggunakan sistem operasi lain. Kesimpulannya tidak perlu takut menggunakan Linux kecuali Anda takut untuk belajar hal-hal baru dengan menggunakan perangkat lunak legal.

Informasi tambahan:

28 Comments

  1. wah…tu email dikirim orang yang blum pernah pake linux kali…
    cuma denger2 doang, trus kabar2i di-compile…dan ditafsirkan sendiri…
    Gw juga SANGAT TIDAK SETUJU dengan pendapat bahwa Linux hanya cocok untuk orang-orang yang ingin produktivitasnya menurun. Karena ibu rumah tangga (istri gw) itu malah terbantu pekerjaannya karena pake ubuntu.

    lah..bapak’e suka apa?
    bapak’e sukanya nge-junk di sini… hahahaha…

  2. @milisdad
    thx mas atas tambahan artikelnya
    @caktopan
    kasihan juga sih orang itu…

  3. rotyyu // Oktober 17, 2008 pada 12:21 pm

    Btw, saya jadi iri, acara rapat saja KOLAG disponsori KLAS, kalau bikin acara lebih besar lagi pasti makin banyak sponsornya, bagaimana dengan Interpid Release Party??

    Balasan:
    Jangan Iri Dong Bos…….!!!!1 nanti KOELIT JUGa dapat Sponsor dari yang lain kan. ya setiap Komunitas kan mempunyai kelbihan dan kekurangan. kan….

  4. masalah interpid release party. itu Masalah rencana kedepanya KOLAg

  5. HATRIC….

    Bravo MAN.U

  6. wah bener itu mas, masak hanya karena permasalan pada kernel yang masih RC, eh malah menjelek-jelek kan linux, gak bener tu:D
    malah dengan beljar linux saya makin bertambah ilmu mengenai sistem operasi dan malahan dengan linux kita dapat lebih kreatif πŸ˜€

  7. @Unies
    Saya tunggu deh acara IRP-nya
    @hadinux
    tu orang memang agak kurang waras deh kayaknya…

  8. to Rotyyu : Mas thx dah mampir blog saya, btw baru aja update, thx pengingatnya πŸ˜‰

    Yang nulis ini mang dah niat ngejelekin ubuntu, dah gausah nanggepin tuh wong edan . . . .kemarin aja saya baru kena musibah kena virus, untung ada Ubuntu makanya file-2 penting itu terselamatkan, oya saya ngomong-2 soal ini, saya nulis kisahnya di blog, hehehehehehehe . . . .dikit-2 promosi niy πŸ˜‰

  9. @Roland
    sama2 mas, makasih juga dah berkunjung balik ke sini…
    memang perlu ditanggapi, tapi kita tetap harus buat klarifikasi
    supaya masyrakat tidak salah nangkep informasi.

  10. Cuma butuh 2 LOC untuk men-disable code yg bermasalah (lihat di CHANGELOG kernel 2.6.27.1)

  11. @Willy Sudiarto Raharjo
    Mantabz bang….

  12. wah ada om willy :* nih salah satu master yg menginspirasi saya pake linux dan berani mencoba slackware dulu, walau skrg pake opensuse, hidup linux!!!

  13. Wah ga bener tuh pake ubuntu lantas produktivitas menurun. Lha saya ngeBlog pake Ubuntu di rumah.

  14. @greenz579
    yup, ada mas Willy tuh. salah satu master Slackware di Indonesia.
    @rio2000
    orang itu memang tidak berpikir dulu sebelum menulis, dasar tukang gosip

  15. kalo saya sih cuma bisa geleng2 doank deh ngeliat masih ada orang2 kyk gitu, kemampuan otak pas2an lsg menuduh yg engga2. make windows juga paling install & uninstall doank gak mungkin lebih. kyknya bayaran microsoft lumayan ya buat ngompor2in.

  16. @Roni Rezeki
    yah mau bilang apa lagi, kelihatannya sih itu orang cuma mau bikin sensasi utk meningkatkan trafik ke situsnya… kasihan…

  17. Hidup Linux………..!!!
    terima kasih bangetz tuh pencerahanya saya newbie sih jadi bisa saja terbawa hal yang HOAX kaya di atas!!
    Tanks!!!

  18. @fahrezy
    supaya tidak terbawa berita seperti ini, jangan langsung percaya dulu bos, crosscek dulu…

  19. Ahaahhaa.. ya dimaklumi aja Mas, makin terkenal emang jadi makin banyak yang ga suka.. πŸ˜€

  20. @jenggo
    sepakat….

  21. mas boleh gabung nich?
    saya penguna baru ubuntu & blankon
    apa bener aman?
    perasaan gak ada masalah nich d komputerku
    makasih

  22. @semar
    Aman, yakinlah sumpah………
    Dari dulu saya make Ubuntu kok..

  23. baca detiknet terkini, penjualan notebook dg OS linux menurun. Yah, mau gimana lagi tiap orang beda2 lah… ada yg hobi oprek2 terus larinya ke linux sambil ajak anak, istri, tetangga,kerabat, ponakan…ada yg ga suka ribet2 & fokus ke kerjaaannya ya tetep pake windows… aku sih netral2 aja memandang OS.

  24. O iya, banyak tuh temenku yg punya laptop diinstall dual OS (windows & linux ubuntu), biasanya awal2 sering deh dipake…tapi anehnya lama kelamaan udah hampir ga pernah dipake lagi dan balik lagi ke windows…

  25. @nikko
    masalah OS sih memang terserah sama pribadi masing2, saya pribadi hanya berusaha untuk menggunakan sesuatu yg legal dan satu hal yg pasti Linux itu “free”.

  26. aku gak stuju sama isi email itu. . . linux ttp d htiku. .
    bnyak skli ilmu yg ku dpat dr linux


One Trackback/Pingback

  1. […] Linux Ubuntu Dapat Merusak Hardware Sekarang Tidak Lagi […]

Tinggalkan Balasan

