Skip navigation

Dari wikipedia.org

The Ig Nobel Prizes are a parody of the Nobel Prizes and are given each year in early October — around the time the recipients of the genuine Nobel Prizes are announced — for ten achievements that “first make people laugh, and then make them think.” Organized by the scientific humor magazine Annals of Improbable Research (AIR), they are presented by a group that includes genuine Nobel Laureates at a ceremony at Harvard University‘s Sanders Theater.

Penganugerahan Ig Nobel 2008 dilakukan pada hari Kamis malam, 2 Oktober 2008 yang lalu, dalam sebuah acara bertajuk 18th First Annual Ig Nobel Prize bertempat di Harvard’s Sanders Theatre (Teater Sander Harvard). Anugerah Ig Nobel kali ini diberikan ke pada orang-orang paling berjasa terhadap kemanusiaan ilmuwan dalam 10 kategori. Dan pemenangnya adalah:

  1. NUTRITION PRIZE: Massimiliano Zampini dari University of Trento, Italia dan Charles Spence dari Oxford University, Inggris. Untuk keberhasilan mereka memodifikasi kentang goreng secara elektronis sehingga orang yang menikmatinya akan merasa bahwa kentang tersebut lebih gurih dari pada yang sebenarnya.
  2. PEACE PRIZE: The Swiss Federal Ethics Committee on Non-Human Biotechnology (ECNH) dan warga negara Swiss yang mengadopsi asas hukum bahwa tumbuh-tumbuhan juga memiliki martabat.
  3. ARCHAEOLOGY PRIZE: Astolfo G. Mello Araujo dan José Carlos Marcelino dari Universidade de São Paulo, Brazil. Untuk pembuktian bagaimana seekor Armadilo bisa mengacaukan jalannya sejarah, setidaknya isi dari sebuah situs penggalian arkeologis.
  4. BIOLOGY PRIZE: Marie-Christine Cadiergues, Christel Joubert, dan Michel Franc dari Ecole Nationale Veterinaire de Toulouse, Perancis. Untuk penemuan bahwa kutu yang hidup di badan seekor anjing dapat melompat lebih tinggi dari pada kutu yang hidup di tubuh seekor kucing.
  5. MEDICINE PRIZE: Dan Ariely dari Duke University, Amerika Serikat. Yang telah menunjukkan bahwa obat palsu berharga mahal lebih efektif dari pada obat palsu murah.
  6. COGNITIVE SCIENCE PRIZE: Toshiyuki Nakagaki dari Hokkaido University, Hiroyasu Yamada dari Nagoya, Ryo Kobayashi dari Hiroshima University, Atsushi Tero dari Presto JST, Akio Ishiguro dari Tohoku University, semuanya dari Jepang, dan Ágotá Tóth dari University of Szeged, Hongaria. Karena telah menemukan bahwa cetakan lumpur dapat menyelesaikan teka-teki.
  7. ECONOMICS PRIZE: Geoffrey Miller, Joshua Tybur dan Brent Jordan dari University of New Mexico, Amerika Serikat. Berbekal sebuah penemuan tentang keterkaitan antara pendapatan seorang penari perut bayaran dengan siklus masa suburnya.
  8. PHYSICS PRIZE: Dorian Raymer dari Ocean Observatories Initiative di Scripps Institution of Oceanography, Amerika Serikat. Dengan pembuktian secara matematis bahwa tumpukan senar atau rambut atau (hampir semua) apapun juga akan menjerat diri mereka sendiri tanpa terekkan dalam satuan knot.
  9. CHEMISTRY PRIZE: Sharee A. Umpierre dari University of Puerto Rico, Joseph A. Hill dari The Fertility Centers of New England, Amerika Serikat, Deborah J. Anderson dari Boston University School of Medicine and Harvard Medical School, Amerika Serikat untuk penemuan bahwa Coca-Cola adalah spermasida yang efektif. Dan juga ke pada Chuang-Ye Hong dari Taipei Medical University, C.C. Shieh, P. Wu, dan B.N. Chiang untuk membuktikan sebaliknya.
  10. LITERATURE PRIZE: David Sims dari Cass Business School, London Inggris. Untuk karyanya berjudul “You Bastard: A Narrative Exploration of the Experience of Indignation within Organizations.”

Selamat buat para pemenangnya.

http://improbable.com/ig/winners/

NB: update 10-10-08, ternyata Ig Nobel itu bukan Nobel Prize yang sebenarnya, melainkan sebuah parodi, dengan ini kekeliruan sudah diperbaiki. Thx buat mas Joko atas infonya.

7 Comments

  1. Saya setuju dengan pendapat kau ..!!! mirip-mirip judul PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) aja ya … he..he.,, But mungkin karena hal yang sering tidak dihiraukan tapi ternyata sangat bermanfaat bro ….

    terserah mereka lah …..

  2. @romahamzani
    yup, setuju juga para juri dari Yayasan Nobel memang lebih mengerti mengenai hal ini

  3. kayanya ni salah kutip de …
    soalnya untuk kategori economics, literature, peace dan chemistry belum diumumin …
    yang sudah diumumin baru medicine dan physics ..
    dan pemenangnya Yoichiro Nambu “for the discovery of the mechanism of spontaneous broken symmetry in subatomic physics” – kategori physics –
    Harald zur Hausen “for his discovery of human papilloma viruses causing cervical cancer” – kategori medicine
    coba cek di http://nobelprize.org/nobel_prizes/lists/2008.html

  4. utk info aja ‘lg’ nobel prize itu parodi dari nobel prize sebenarnya

  5. @joko
    weks, berarti saya ada kesalahan nih…
    ntar deh saya ralat, dari kemarin sih udah curiga, soale
    ada kata Ig Nobel gitu, trus penelitiannya juga kok sepertinya
    kurang berkualitas gitu…

  6. sip deh …. udah diupdate …
    takutnya nanti malah jadi polemik … (kaya politisi aja.. hehe)
    sekaligus meluruskan di komen ane sebelumnya “dan pemenangnya Yoichiro Nambu “for the discovery of the mechanism of spontaneous broken symmetry in subatomic physics” – kategori physics -” seharusnya penerima, bukan pemenang …

  7. @joko
    ya mas, makasih sekali lagi utk koreksinya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: