Skip navigation

Setelah rangkaian acara yang cukup panjang, lebih kurang dua minggu mulai tanggal 8 s.d. 19 September 2008, akhirnya pada 20 September lalu puncak perayaan Software Freedom Day di Surabaya telah dilaksanakan dan berlangsung meriah. Sedikit kilas balik tentang perayaan SFD, acara yang dilaksanakan KLAS bekerja sama dengan komunitas Linux kampus, KOLAG (Komunitas Linux Arek UNTAG) dan KOELIT (Komoenitas Linux Troenodjojo) diisi dengan beberapa acara menarik seperti pameran berbagai distro Linux yang dilengkapi dengan akses internet gratis, bagi-bagi CD gratis berjumlah lebih kurang 2000 CD berbagai distro Linux, workshop dan pelatihan dengan topik-topik menarik seputar dunia Linux, talkshow dan wawancara di radio, dan puncaknya adalah cangkurakan dan buka bersama KLAS yang diadakan di  Intiland Tower Surabaya.

Kembali ke acara puncak perayaan SFD, acara ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan di HiTech Mall pada pagi hari dimulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WIB dengan acara pembagian CD gratis sebanyak 800 CD yang dilaksanakan oleh teman-teman dari KLAS, KOLAG, dan KOELIT. Sayangnya saya tidak bisa ikut acara ini karena saya masih harus melaksanakan kewajiban sebagai asisten dosen di program D3 TKJ UTM. Menurut laporan teman-teman yang ikut dalam acara ini, pembagian CD berlangsung menarik dan diwarnai dengan antusiasme warga masyarakat Surabaya yang ingin mendapatkan CD Linux. Dan seperti biasa teman-teman tidak pernah mau kalah kalau sudah berhadapan dengan moncong kamera, waktunya untuk narsis.

Acara berikutntya, yaitu cangkrukan dan buka bersama dilaksanakan di Gedung Intiland Tower Surabaya. Acara ini dimulai pukul 15.00 WIB dan berakhir pukul 19.00 WIB. Selain cangkrukan dan buka bersama, acara ini juga diisi dengan presentasi tentang SFD dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan KLAS selama mengikuti perayaan SFD dari tahun 2005 hingga 2008, yang membawakan presentasi ini tentu saja Mas Arie. Dan yang cukup menarik, sehabis presentasi Mas Arie, ada workshop tentang remastering Ubuntu Linux menggunakan Reconstrucor, kebetulan saya dipercaya menjadi pembicara kali ini. Di sela-sela acara, tak lupa juga mas Dicky sebagai MC membagi-bagikan berbagai hadiah dari sponsor, saat acara kuis ini berlansung cukup seru karena semua peserta yang hadir tentu ingin mendapatkan hadiah. Hadiah yang disediakan juga lumayan menggoda lho.

Saat tiba waktu berbuka, semua orang berlomba untuk mendapatkan dan menikmati ta’jil yang disediakan oleh panitia. Ada es buah dan roti yang sangat pas untuk mengawali buka puasa, sebelum dilanjutkan dengan makan-makan. Sialnya, ketika acara makan-makan dimulai saya justru harus melanjutkan materi remastering yang belum selesai. Walaupun begitu saya tetap semangat untuk menerangkan tahapan-tahapan dan proses kostumasi Ubuntu hingga selesai.

Sebelum acara berakhir, ada sebuah acara khusus, saya bilang khusus karena acara ini diisi oleh dr. Isnaini dan Bpk MNA. dr. Isnaini merupakan salah satu pendiri KLAS, dan konon katanya ide nama KLAS berasal dari beliau ini, sedangkan Bpk. MNA adalah Ketua Harian KLAS yang telah memimpin KLAS selama lebih kurang 10 tahun, hebat bukan? Dalam kesempatan ini dr. Isnaini memberikan sedikit wejangan dan cerita tentang sejarah pembentukan KLAS dan asal-usul nama KLAS. Sebuah pencerahan yang sangat bagus untuk generasi muda KLAS, yang belum begitu mengerti dengan sejarah KLAS.

Buat teman-teman yang tidak sempat hadir di acara tersebut, di bawah ini ada sedikit kenang-kenangan dari saya. Silakan dibawa pulang…

Iklan

7 Comments

  1. Waduh mas, aku ketinggalan info.. tau gitu aku datang kesono.. mo berguru.. Btw sampeyan td tak liat masuk SBO loh.. Bravo !

  2. Walah Bos Rotua Fotoku Mana……. Mana……..Kok Gak ADA…,. Piye Toh………

    Tapi Gak PApa Deh.. Yang Penting Tuh… Ada Sebutan KOLAG Kita Tuh Udah Seneng Kok…..

  3. rambut lo rot….GAK TAHANNNN

    hwakakakakaka

  4. @Anang
    loh kok bisa sampai ketinggalan info mas, setahu
    saya info ttg acara ini sudah jauh2 hari diumumkan
    baik di milis, web, maupun blog…
    @unies
    Sorry nes, foto yg bagus dan layak masuk blog hanya ini, yg lain banyak yg blur makanya ga dimuat
    @Kiki Ahmadi
    hahahahhahaaaaa…..

  5. special event neh 😀
    btw, rambutnya euy,,, apa gara2 kebanyakan ngoprek linux ya, sampe gak sempet cukur rambut :p

  6. @bayoe
    ya nih, memang benar2 spesial…
    hahaha… kalau mengenai rambut, itu memang
    sengaja kok, biar kelihatan seperti rms…
    kata orang sih…

  7. mas tahun 2010 nie ada lg gak training na…. minta info nya yah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: