Skip navigation

Menyambut datangnya bulan Ramadhan a.k.a bulan puasa, Komoenitas Linux Troenodjojo a.k.a KOELIT berinisiatif mengadakan Pesantren Linux. Pesantren Linux ini pada awalnya direncanakan akan dilaksanakan selama dua minggu dan empat hari dalam seminggu pada tanggal 8 s.d. 11 dan 15 s.d. 18 September 2008, namun karena jumlah peserta yang mendaftar tidak memenuhi jumlah minimal yang ditentukan panitia, akhirnya pesantren ini diundur menjadi tanggal 16, 18, 23, dan 25 September 2008.

Pesantren Linux ini diisi dengan pengenalan dan pelatihan Linux kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura, khususnya mahasiswa baru angkatan 2008. Pelatihan dalam acara pesantren ini dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama pada minggu pertama peserta ditunjukkan bagaiamana mudahnya melakukan sistem operasi Xubuntu, pengenalan sitem Linux, dan perintah-perintah dasar Linux. Tahap kedua pada minggu kedua, diisi dengan pengenalan dasar jaringan dan implementasinya di sistem operasi Linux menggunakan distro Xubuntu.

Acara pesantren dilaksanakan di laboratorium Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura, sebagai home base dan sponsor utama KOELIT. Dimulai pada pukul 15.00 WIB, acara pada hari pertama diisi oleh teman-teman dari KOELIT, dimulai dengan demo instalasi Xubuntu kemudian dilanjutkan dengan pengenalan sistem Linux dan perintah-perintah dasar di Linux. Acara diakhiri pada pukul 17.30 WIB ditutup dengan acara buka bersama panitia dan peserta serta pembagian CD beberapa distro Linux.

22 Comments

  1. wah, temen temen KOELIT radikal nih ngeracun linux di madura..

    😀

  2. @Kiki Ahmadi
    bukan radikal mas, tapi memang benar2 niat supaya teman2 di sini khususnya mahasiswa UTM itu bisa tahu dan menggunakan Linux…

  3. bukannya ada alasan lain mas?
    secara, KOELIT=KOmoenitas Ekonomi suLIT

    *ngubur diri idup-idup*

  4. @haikal
    maksudnya apa kal??
    acara ini aslinya gratisan loh…

  5. ah, sudahlah…
    lupakan sahaja… ^_^

  6. @haikal
    lupakan bagai mana??

  7. maju madura dengan segala kesederhanaanmu …

    salam linuxer madura …
    🙂

  8. @kabarmadura
    makasih buat dukungannya

  9. mas rotyyu, aku mo tanya. aku baru pertama kali pake ubuntu 7.10 cz ubuntu 8.10 aku g punya. tp kenapa ya setiap tak buat ngenet kok lama-lama performanya menurun, alias jadi nyendat-nyendat? tolong kasih tau caranya buat memaksimalkan performa dari ubuntu tersebut….thanks!!

  10. @thoha
    bisa tahu spek laptopnya kagak??

  11. g laptop mas tapi PC, P42.4, memory 512 Mb, Vga Ati Radeon 9200 Pro(256Mb)!

  12. @thoha
    coba upgrade ke 8.04 aja……….

  13. Makasih Mas, ternyata tadi 3D displaynya aktif terus, tadi temen aku vikri dari trunojoyo kesini bantuin aku, dah beres semua mas! tanya mas ya, belajar console itu ada bukunya gak?

  14. @thoha
    sip deh kalau gitu……..
    Belajar apapun pasti ada bukunya mas, coba cariin deh di Google dengan kata kunci “Linux basic command line” atau “perintah dasar Linux”

  15. Muakasih Buanyak mas rotua! kalo aku belum bisa boleh tanya ke sampean gak?

  16. @thoha
    monggo……

  17. askum mas rotua, aku bingung apa yang dimaksud pppoe start. dan cara ngaktifkannya gimana? aku pake ubuntu 7.10

    • @thoha
      pppoe start itu biasanya utk koneksi menggunakan Telkom Speedy, tapi saya sendiri juga masih
      kurang paham karena memang belum pernah nyoba…

  18. mas tanya ni, CUPS itu apa sih? kok printer aku gak jalan kalo ada konfirm. cups…………..udah tak downloadkan drivernya kok juga gak bisa. pertama aku install common packagenya bisa yang kedia tak install package yang cnijfilter ip 1800 kok error libglib 1.2 itu maksudnya apa mas? tolong kasih tau mas…..!!!

  19. @thoha
    CUPS = Common Unix Printing System
    perangkat lunak yg mangurusi masalah printer dan unek2nya

  20. mas, saya minta tolong gimana settingan untuk ethernet pada ubuntu 8.10 yang secara manual? kemarin tak setting manual malah gak connect. kalo auto sih ubuntu saya malah jadi client.

  21. @thoha
    tanya sama mbah Google aja bos………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: