Skip navigation

Jika sebelumnya saya pernah melakukan posting Kamus Gaul English – Batak, maka yang ini adalah Kamus Batak – Indonesia. Namun jangan berpikiran kalau yang ini melucu lagi, ini serius. Situs ini saya temukan ketika sedang jalan-jalan (baca blogwalking) di dunia maya di salah satu blog halak hita. Sayangnya saya agak lupa blog yang mana, saking banyaknya blog yang saya kunjungi.

Buat teman-teman yang memiliki keinginan untuk mengetahui berbagai kosa kata Bahasa Batak dan padanan serta artinya dalam Bahasa Indonesia, silakan langsung saja menuju ke http://web.tiscali.it/batak/. Tampilannya sangat sederhana, di awal hanya tersedia pemilihan kata berdasarkan urutan alfabet, namun sayang sekali belum ada fasilitas untuk melakukan pencarian, sehinnga pencarian suatu kata harus dilakukan secara manual. Walaupun begitu keberadaan situs ini sangat berguna dan perlu dikembangkan ke depannya.

17 Comments

  1. Horas lae,
    Gak berniat bikin versi yang ada search nya? Itung – itung memajukan budaya Batak.. šŸ˜€

  2. dibuat kaya idic aja šŸ™‚

  3. @Okto Silaban
    Horas juga lae,
    sebenarnya sih kalau ada kemampuan saya mau buat, trus tidak ada informasi tentang yg punya web itu, setidaknya beliau tahu lah kalau kita mau mengembangkan apa yg pernah dia rintis.
    @milisdad
    Ide yang bagus mas….

  4. Horas..

    Mantap ada kamus bataknya, tapi kayak masih versi beta yah

    Lam kenal appara, and link balik yah, ditunggu šŸ™‚

  5. mantab lae…

    kemaren juga saya sempat lihat di linknnya kartun batak..

    menambah referensi buat saya yang sudah [hampir] lupa berbahasa batak..

    anyway tks udah mampir, sekalian permit utk tukeran link yah lae…

    horas..!!

  6. @bonar
    sama2 lae, ada yg baru lagi ini, kemarin pas
    jalan2 di dunia maya, saya baca tentang sebuah
    program utk menerjemahkan huruf latin ke aksara
    Batak, sayangnya yg buat bukan org Batak.

    • yg lae maksudkan saudara Uli Kozok kan??

      saya sedang mengembangkannya…namun hasilnya menjadi kacau…
      soalnya hasilnya diterjemahkan berdasarkan hurufnya langsung, tanpa mempertimbangkan tanda pangolat dsb.

      untuk versi desktopnya…saya sedang mengembangkannya…
      untuk sementara hasilnya sudah saya upload di http://batakdict.sourceforge.net

  7. horas
    saat ini aku dan seorang teman lainnya sedang berencana membuat situs layanan (gratis) kamus online Batak – Indonesia dan Indonesia – Batak. Kendalanya, kami belum punya kosakata lengkap terkait rencana tersebut.

    Pas googling, aku diarahkan ke web di atas (http://web.tiscali.it/batak/) dan blog ini juga.
    Saya tadi sempat senang karena udah ketemu web-nya, cuma ternyata bahasa nya saya tidak tau, jadi ketemu kendala lagi, yakni gimana komunikasi sama empunya web tersebut?

    Kiranya ada siapa saja yang memiliki kosa kata lengkap batak – indonesia dan/atau indonesia-batak, dan bersedia data tersebut kami gunakan dalam pengembangan proyek kami.

    • @alisyah samosir
      Itu dia masalahnya bos, saya juga heran kok di blog sana tidak ada kontak atau about gitu ya??
      Coba di cari tahu aja lewat domainnya, terus kontak yg punya domain itu…..

  8. makasih buat infonya,,sbenernya ana orang sunda,,>>pi ana jad tertarik dengan bahasa batak cozzz ana punya temen orang medan dari maga sagala

    • Mantaplah itu oom, bahasa Batak itu ga sulit kok…

    • Horas….
      Mauliate parjolo tu hamu dongan tarlumobi tu halak admin dongan sabangso halak hita (Batak).

      sekedar informasi, saya sudah membuat Kamus Batak Indonesia – Indonesia Online versi web. Fasilitas Search/Pencarian sudah ada. Silahkan dicek link dibawah ini:
      kamus.forum-batak.com
      Sekarang ini lagi berencana membuat fitur tambahan Umpama / Umpasa.

      Mauliate,

      Komunitas Batak,
      forum-batak.com

  9. dia kamus na???…..

  10. Pacar saya org batak jadi pengen aja bs bahasa batak.hhehe


Tinggalkan Balasan

