Skip navigation

Akhir-akhir ini di beberapa milis Linux yang saya ikuti, topik ini sering menjadi pertanyaan dari teman-teman yang munkgin baru saja beralih/bermigrasi ke GNU/Linux. Masalah yang sepele sebenarnya, hanya mengganti nama dan/atau mengubah ukuran berkas gambar, kalau cuma satu, dua, tiga berkas sih tidak masalah memang, tapi kalau sudah mencapai jumlah puluhan sampai ratusan… Huh bisa cape banget tuh. Untungnya di Linux dengan berbagai distribusi yang ada, sudah tersedia berbagai perkakas yang dapat digunakan untuk melakukan hal ini dengan (sangat) mudah.

Salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk melakukan mass rename & resize adalah gThumb Image Viewer atau biasa disebut gThumb saja. Sebenarnya perangkat lunak ini adalah penampil gambar, namun sebagai pelengkap, pemgembangnya telah memasukkan beberapa fasilitas yang sangat berguna ke perangkat ini. Salah satunya adalah apa yang akan saya utarakan di tulisan ini.

Episode I: Instalasi gThumb

Di Ubuntu, ada dua cara paling mudah untuk menginstal gThumb, yang pertama adalah cara yang kurang praktis namun disukai banyak orang karena ramah teman (baca user friendly). Gunakan Synaptic Package Manager dari menu System -> Administration -> Synaptic Package Manager. Lalu gunakan fasilitas pencari yang ada untuk mencari gThumb,

Cari gThumb

Cari gThumb

kemudian klik kanan pada gthumb dan pilih Mark for Installation dari menu popup yang muncul. Dalam kasus ini ternyata perangkat ini sudah terinstal di komputer yang saya gunakan.

Synaptic Package Manager

Synaptic Package Manager

Cara yang kedua adalah cara yang sangat praktis, namun hanya disukai oleh beberapa orang saja, karena fasilitas ini hanya cocok untuk geek (katanya). Caranya sangat mudah, cukup ketikkan perintah berikut ini dari terminal,

$ sudo apt-get install gthumb

Episode II: Mass Rename

Setelah selesai melakukan instalasi, buka gThumb dari menu Application -> Graphics -> gThumb Image Viewer. Tampilan aplikasi ini sangat sederhana. Jendela utamanya dibagi menjadi dua, panel sebelah kiri untuk navigasi berkas dan panel sebelah kanan (yang mendapat porsi lebih besar) untuk menampilkan pratilik dari berkas yang ada dalam sebuah direktori.

Tampilan gThumb

Tampilan gThumb

Untuk melakukan mass rename, pilih semua gambar yang akan diganti namanya, klik kanan pada salah satu image dan pilih Rename… dari popup yang muncul.

Menu popup untuk rename

Menu popup untuk rename

Pada dialog yang muncul isikan nama baru untuk gambar yang di-rename, dan sesuaikan pengaturan lainnya (secara default gThumb akan mengganti nama menjadi nama baru diikuti angka).

Ganti nama

Ganti nama

Episode III: Mass Resize

Untuk mengubah ukuran gambar secara massal, pilih semua gambar yang hendak di-resize, dari menu Tools pilih Scale Image… kemudian isikan ukuran yang baru pada dialog yang muncul dan tekan OK untuk memulai proses resize.

Mengubah ukuran secara massal

Mengubah ukuran secara massal

The End

Iklan

3 Comments

  1. mass-rename itu awalnya bawaan thunar file manager-nya xfce ya..cmiiw
    ternyata gthumb bs jg ya.. 🙂

  2. @dhani
    Yuut, kebanyakan orang Linux mengindetikkan bulk rename dengan Thunar-nya XFCE, tapi masa’ ya harus intal XFCE hanya utk bulk rename aja….

  3. kalau untuk windows gimana ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: