Skip navigation

Siapa yang tidak kenal google? Jika Anda pernah berinteraksi dengan makhluk bernama Internet, kemungkinan besar Anda pernah berurusan dengannya. Dulunya hanya dikenal sebagai mesin pencari super canggih, yang bahkan kemampuannya banyak dimanfaatkan orang untuk melakukan hacking. Tapi itu dulu, sekarang Google sudah mewabah di mana-mana, beragam terobosan dan aplikasi baru diciptakan (dan hampir selalu menjadi trend setter).

Salah satu karya Google yang sangat spesial menurut saya adalah Google Earth. Aplikasi ini mampu menampilkan bumi, mulai dari tampilan bola bumi sampai bangunan (dengan tampilan tiga dimensi) pencakar langit di kota-kota besar dunia. Hebatnya lagi aplikasi ini dapat berjalan di hampir semua sistem operasi (populer) saat ini, termasuk sistem operasi kesayangan kita ‘GNU/Linux’.

Instalasi Google Earth di GNU/Linux termasuk Debian 4.0 juga terbilang mudah. Bahkan Debian (dan tentu saja distro-distro turunannya juga) telah menyediakan sebuah paket bernama googleearth-package yang akan membuatkan pake .deb Google Earth untuk Anda. Jika Anda menggunakan Debian 4.0 dan terkoneksi ke Internet, maka untuk memasang Google Earth cukup dengan mengetikkan:


$ sudo apt-get install googleearth-package
$ sudo googleearth-package

Atau jika tidak mempunyai koneksi Internet sendiri, silakan unduh dulu Google Earth, lalu dari terminal masuk ke direktori tempat unduhan, dan jalankan:


$ chmod +x GoogleEarthLinux.bin
$ ./GoogleEarthLinux.bin

Akan muncul jendela dialog seperti ini

Jendela Awal Instalasi

Jendela Awal Instalasi

Tentukan lokasi instalasi, jika sudah tekan tombol Begin Install untuk memulai instalasi. Tunggu sampai instalasi selesai:

Instlasi Sedang Berlangsung

Instlasi Sedang Berlangsung

Instalasi Selesai

Instalasi Selesai

Setelah pemasangan selesai, Google Earth akan membuatkan short cut di Desktop. Untuk memulai Google Earth klik ganda pada ikon tersebut. Sekarang Anda sudah dapat menjelajahi dunia hanya dengan memandangi monitor komputer:

Indonesia My Lovely Country

Indonesia My Lovely Country

Iklan

4 Comments

  1. Mas saya baru belajar linux,sekarang sudah install debian.saya mau install google earth di debian saya.caranya gimana mas?tolongin dong step by step…aku baru belajar niih..tolong yaa..

  2. mas,tolong ya cara nya buka google earth di hp

  3. Mohon infonya, kalo mau pasng google earth di blogspot bagaimana ya.. terima kasih untuk masukkannya, tolong dibalas yaa.

  4. mas saya mau lihat kota saya ketik apa saya trim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: