Skip navigation

Masalah yang cukup klasik di dunia Linux, kurangnya dukungan vendor dan produsen perangkat keras yang mengakibatkan banyaknya (mungkin sekarang sudah beda ya) perangkat keras yang tidak terpakai. Tapi masalah yang saya alami ini agak sedikit berbeda, sound card yang tertancap di motherboard di kenali dengan baik oleh Debian 4.0 Etch yang saya gunakan.

Ini adalah cuplikan perintah lspci yang biasa saya gunakan utk melihat perangkat keras yang menggunakan slot pci

rotyyu@labsi08-desktop:~$ lspci | grep Audio
00:1f.5 Multimedia audio controller: Intel Corporation 82801DB/DBL/DBM (ICH4/ICH4-L/ICH4-M) AC’97 Audio Controller (rev 01)

Module-module yang digunakan untuk sound card juga sepertinya dimuat dengan benar,

rotyyu@labsi08-desktop:~$ lsmod | grep snd
snd_intel8x0 30332 1
snd_ac97_codec 83104 1 snd_intel8x0
snd_ac97_bus 2400 1 snd_ac97_codec
snd_pcm_oss 38368 0
snd_mixer_oss 15200 1 snd_pcm_oss
snd_pcm 68676 3 snd_intel8x0,snd_ac97_codec,snd_pcm_oss
snd_timer 20996 1 snd_pcm
snd 47012 8 snd_intel8x0,snd_ac97_codec,snd_pcm_oss,snd_mixer_oss,snd_pcm,snd_timer
soundcore 9248 1 snd
snd_page_alloc 10184 2 snd_intel8x0,snd_pcm

Tapi ketika saya coba dengan menggunakan perintah speaker-test, speaker-nya tidak mengeluarkan bunyi sedikitpun, dan anehnya lagi ketika saya coba login dengan user root semua berjalan normal. Weks… kok bisa ya?

Hmm… setelah berpusing ria cukup lama, saya putuskan untuk bertanya ke mbah Google, dan menurut penerawangan beliau dari beberapa situs yang dia himpun, masalahnya terdapat di berkas /etc/group. Lho apa hubungannya? Kalau dilihat sekilah mungkin tidak ada hubungannya sama sekali, tapi coba lihat lebih dalam lagi, di berkas tersebut terdapat sebuah grup bernama audio.

Dan setelah mencoba melihat lebih ke dalam lagi, ternyata user yang saya gunakan untuk login tidak terdaftar di grup audio, terang saja tidak punya hak untuk menggunakan semua failitas audio.

rotyyu@labsi08-desktop:~$ cat /etc/group | grep audio
audio:x:29:labsi08,asterisk

Untuk mengatasi hal ini, cukup edit berkas /etc/group dan tambahkan nama user yang kita gunakan di group audio. Setelah itu restart X server (ctrl+alt+back space), login kembali dan speakernya kini sudah mau bersuara dengan merdu.

rotyyu@labsi08-desktop:~$ sudo nano /etc/group
audio:x:29:rotyyu,labsi08,asterisk

Kalau ternyata belum ada suara juga, coba cek lagi segala sesuatu yang berhubungan dengan sound (bisa speaker, konektor ke speaker, dll), belum juga? Capek deh…

6 Comments

  1. Cara debian way adalah:

    $sudo adduser namauser groupygakanditambahkan

    –budiw

  2. weks, thx mas atas infonya, setahu saya sih memang ada
    perintah utk menambahkan user tertentu ke dalam sebuah grup
    tapi mungkin karena sudah terbiasa dengan cara ini, jadi
    lebih make yg ini.

  3. Speaker saya mati sebelah. Padahal baru beli. Saya sudah mengkonfigurasi melalui volume kontrol, tapi tetap saja ngga berubah..

    Apakah ada masalah dengan settingan di “software” seperti “Regedit” atau masalah pada Hardware seperti colokan atau jek kabel penghubungnya? Sebab ketika saya masukkan jek penghubungnya setengah bagian, speaker nyala keduanya tetapi tidak jernih..

    Makasih sebelumnya…

  4. @aldi
    Kalau kasusnya seperti itu sih, ga ada sangkut pautnya sama Linux. Kemungkinan besar memang ada masalah di kabel atau konektornya…..

  5. bos aku punya masalah di linux mint7, gimana cara menyetting sound cardQ Creative sound blaster SB0410 lom bisa bunyi….tapi dicek lspci …dah detek…tak tunggu infonya thank

  6. ni email Q :yazid_madu@yahoo.com ada yang bisa bantu aku ato blog: http://www.yazidfuadi.co.cc http://www.prigi-linux.co.cc


Tinggalkan Balasan

