Skip navigation

Hehe… begini nih, kalau terbiasa dimanjakan sama antarmuka berbasis grafis yang ciamik di Linux, giliran ketemu layar hitam di server, bingung deh. Ceritanya sih, (kebetulan) saya, mewakili Komoenitas Linux Troenodjojo (KOELIT), dipercaya untuk merawat server cermin (sementara ini hanya lokal, karena keterbatasan band with) di kampus.

Singkat cerita, setelah servernya selesai dipasangi Ubuntu Server 8.04 Edition, ada satu masalah yang membuat kepala pusing sampai tujuh keliling, cron job (benar begini ya?) yang saya set tidak pernah jalan. Selidik punya selidik (setelah bertanya ke sana sini, tapi tidak menemukan akar masalah) ternyata settingan waktu di servernya tidak tepat, itu sebabnya cron job yang saya tunggu-tunggu tidak pernah jalan (dan sebenarnya bukan tidak jalan, tapi menunggunya harus lebih lama). Bagaimana mau jalan, wong saya jadualkan pukul 15.00 (sekedar tes apakah cron-nya sudah betul) ternyata saat itu waktu di server masih pukul 22.00.

Weks, artinya harus mengatur waktu di server nih. Tapi mau setting pake apa? Kalau di desktop kan tinggal klik kanan di applet jam di sudut kanan panel atas (Gnome), trus kalau di dunia hitam putih (server) pake apa ya? Terpaksa bertanya dulu sama Oom Google (habis benar-benar blank, tidak ada clue). Dan ternyata perkakas yang dibutuhkan cuma satu, date. Oala, kenapa tidak terpikirkan perkakas satu ini ya? (ya iya lah, setahu saya date itu hanya utk menampilkan tanggal dan waktu).

Cukup dengan satu baris perintah,

$ sudo date 06251434

sekarang waktu di server sudah benar. Penggunaan perintah date seperti di atas, dengan parameter waktu yang baru, dengan format MMDDhhmm (MM=bulan, DD=tanggal, hh=jam dalam format 24 jam, mm=menit), akan memperbarui waktu di sistem. Akhirnya…

6 Comments

  1. tambahan: untuk nambahin tahunnya bisa dengan:
    $sudo date MMDDhhmmYY
    contoh: 17 juli 2008 14:30, perintahnya:
    $sudo date 0717143008

    perintah sederhana namun sangat berarti 😀 thnx bro for the tips :d

  2. Yup benar, thx jg udah mengingatkan…

  3. Thx bro, sangat membantu

  4. @uwa
    sama2……….

  5. bos kalau merubah setting jam dari UTC (GMT) menjadi WIT (West Indonesian Time) bagaimana caranya ? tentunya cara di terminal. terima kasih.

  6. sudo dpkg-reconfigure tzdata


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: