Skip navigation

Pernah buka situsnya Badan Kepegawaian Negara dengan browser Firefox? Kalau belum, buruan coba deh. Dan kalau sudah, pasti Anda mempunyai pengalaman yang sama dengan saya. Pagi ini saya dipesan oleh pegawai TU FT di kampus tempat saya kuliah untuk unduh daftar honorer PNS daerah dari sana, eh pas buka pake Firefox link-link yang ada di bagian kiri jendela tidak berfungsi dengan baik. Hati saya lantas bertanya ada ini? Tiba-tiba saja terlintas di pikiran untuk membuka situs tersebut pake IE, ups semua berjalan normal. Lalu saya coba lagi dengan Opera, lagi-lagi semuanya normal.

Huh, kenapa ya hari gini masih ada saja situs yang diskriminasi terhadap browser? Apa lagi situs tersebut adalah situs instansi pemerintah yang kata orang adalah abdinya masyarakat. Seharusnya mereka dapat mengantisipasi bahwasanya orang-orang yang mengakses situs mereka tidak selalu menggunakan IE, karena masih ada banyak browser lainnya di dunia ini.

Dan jika dipikir-pikir lagi, kejadian seperti ini menggambarkan ketidakseriusan pemerintah mendukung IGOS (Indonesia, Go Open Source) yang sama-sama kita ketahui mereka deklarasikan sendiri. Mengapa saya mengatakan seperti ini? Alasannya jelas, sistem operasi open source semisal GNU/Linux tidak mungkin menyertakan IE dalam distribusinya, karena IE memang bukan didisain untuk GNU/Linux. Walaupun sudah ada IE4Linux, kenyataan menunjukkan bahwa hampir semua (bahkan bisa dibilang semua) pengguna GNU/Linux selalu menggunakan browser yang bersifat free seperti Firefox, Konqueror, Ephiphany, Opera, atau bahkan mungkin browser-browser berbasis teks seperti lynx, kecuali memang terpaksa (untuk membuka situs-situs yang diskriminatif).

Lalu sampai kapan hal seperti ini terus berlanjut? Mari bertanya pada rumput yang bergoyang…

2 Comments

  1. Punya email, saya mau kontak ke pengelolanya dan cc ke sampeyan nih… 😀

  2. email saya sudah saya japri mas, silakan kalau memang mau dilaporkan, hal seperti ini memang tidak boleh dibiarkan

    Bravo PENGUIN!!


Tinggalkan Balasan

