Skip navigation

Barusan habis jalan-jalan (baca blogwalking) dari Planet Ubuntu Indonesia, setelah scroll berkali-kali itu planet ke bawah ketemu artikelnya St. Sabri. Isinya sih cuma rekaman pembicaraan beliau dengan salah seorang teman lama beliau. Tapi setelah baca cukup lama saya menemukan sebuah tautan yang mengarah ke sebuah situs yang berisi Fatwa MUI tentang perlindungan HAKI.

Kalau masih menggunakan perangkat lunak berlisensi gpl (glodok public license) a.k.a bajakan mungkin Anda harus membaca fatwa ini. Jangan sampai terlambat, karena bisa berakibat fatal. Mari tinggalkan perangkat lunak bajakan, gunakan saja yang free, tidak perlu khawatir ada Linux.

Dengan menggunakan Linux kita terhindar dari dosa pembajakan, tidak perlu bayar lisensi, (relatif) bebas dari virus, tidak perlu takut kalau ada razia (perangkat lunak bajakan), bisa kenal dengan orang-orang komunitas Linux dari seluruh penjuru dunia, dan yang pasti Linux itu bebas untuk digunakan, modifikasi, diperbanyak, dan disebarkan.

Nah, kalau mau tahu isi fatwa selengkapnya silakan baca di sini.

Iklan

2 Comments

  1. sy sdh ty2 ustadz sekitar rumah. ttg soft bajakan mmg kebanyakan ust2 tsb krg mberikan jawaban yg memuaskan. sy baru tahu ada fatwa MUI. artikelx sgt membantu sy dalam mencari jawaban atas pertanyaan sy selama ini : apa hukum memakai softw bajakan?
    tp sptx kita blm bs sepenuhx lepas dr windows. rumah, ktr, tmn2, dll kebanyakan pake apps b’basis windows. OSx aja bajakan apalagi appsx. kompabilitas linux thd windows itu gimana sih? apa semua ekstensi b’basis win sdh bs dibuka di linux? please pencerahanx. klo bs via email ya. thx

  2. @hermadi
    Masalah kompatibilitas sebenarnya Linux cukup handal dan bisa diandalkan, justru dari sisi sebalikanya yg agak susah. Linux selalu berusaha mengikuti standar yg ada, sedangkan vendor proprietary selalu berusaha membuat standar sendiri. Ini yg jadi masalah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: