Skip navigation

Huh… setelah menunggu cukup sabar, akhirnya Ubuntu 8.04 a.k.a Hardy Heron alias Ubuntu versi terbaru dirilis juga kemarin (24/04) tepat sesuai jadual yang sudah ditetapkan sebelumnya. Namun begitu, saya baru bisa mencoba Ubuntu 8.04 hari ini, hal ini karena harus menunggu Ubuntu 8.04 tersedia dulu di kambing.ui.edu baru bisa unduh. Sempat juga kepikiran buat unduh langsung dari server-server cermin di luar negeri sana, tapi mau bagaimana lagi bandwith yang ada tidak mengizinkan. Dan akhirnya setelah menunggu hampir semalaman (mulai unduh tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB), pagi ini Hardy Heron sudah bisa nongkrong di laptop Acer Aspire 4710 yang saya pinjam dari teman.

Ada yang istimewa pada rilis kali ini, seperti telah diumumkan jauh-jauh hari Ubuntu 8.04 a.k.a Hardy Heron ini adalah versi LTS (Long Term Support / Dukungan Jangka Panjang) yang kedua setelah Ubuntu 6.06 a.k.a Dapper Drake. Istimewanya rilis dengan label LTS ini akan didukung dalam jangka waktu yang cukup panjang yaitu 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi desktop. Rilis Ubuntu dengan label LTS juga dikenal lebih stabil dibandingkan dengan rilis versi lainnya, itu sebabnya rilis kali ini sangat dinanti banyak Ubuntero di seantero jagad.

Setelah mencoba Live CD, ada beberapa perubahan yang cukup besar, serperti waktu booting yang lebih singkat, deteksi perangkat keras yang lebih baik (hampir semua perangkat keras di Acer Aspire 4710 yang saya coba terdeteksi dengan baik), dan beberapa perubahan lainnya. Untuk urusan layout desktop dan theme, rilis kali ini masih tetap konsisten dengan menggunakan theme Human yang didominasi warna orange. Wallpaper default sedikit mengalami perubahan dibanding rilis-rilis sebelumnya, kali ini wallpaper default tidak hanya memanfaatkan permainan warna tetapi juga menampilkan sosok seekor burung bangau dengan latar belakang masih didominasi warna cokelat terang.

Urusan aplikasi, beberapa aplikasi telah di-upgrade ke versi terbaru, sebut saja Firefox yang kini menggunakan versi 3.0b5, desktop environment Gnome juga telah di-upgrade ke versi 2.22.1, GParted kini telah menggunakan versi 0.3.5, beberapa aplikasi juga ditambahkan pada rilis kali ini seperti Brasero 0.7.1 (aplikasi burner), dan beberapa aplikasi lainnya.Ada sedikit perubahan pada penataan letak dan nama aplikasi pada susunan menu rilis kali ini. Kalau dulu ada Restricted Driver Manager, kini ia telah diganti menjadi Hardware Drivers, dan beberapa perubahan kecil lainnya.

Kalau penasaran dan belum sempat mencoba, berikut ini beberapa skrisyut yang saya ambil dari Ubuntu 8.04 a.k.a Hardy Heron yang dijalankan di Acer Aspire 4710 menggunakan live cd.

Untuk review lebih lengkap bisa lihat di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: