Skip navigation

Orang-orang yang sering berkutat dengan disain basis data atau mahasiswa yang sedang/sudah menempuh mata kuliah Basis Data pastilah mengenal perkakas satu ini, Power Designer. Yup, perkakas ini cukup diakui kehebatannya dalam membantu seseorang melakukan disain basis data. Sayangnya, perkakas tersebut bersifat proprietary dan (pasti) berbayar, di samping itu perkakas ini juga hanya berjalan di atas S/O M$ Wi**d***.

Lalu bagaimana dengan dunia GNU/Linux? Jangan ditanya, ada puluhan atau bahkan mungkin ratusan proyek di sourceforge.net baik yang gratis maupun komersial. Salah satunya adalah DBDesigner (sudah pernah ditulis di blog ini), tapi setelah saya coba, belum pernah berhasil koneksi ke mesin basis data (saya menggunakan MySQL). Bahkan ketika berpindah ke Ubuntu 7.10 a.k.a Gutsy Gibbon, tidak bisa jalan sama sekali (mungkin ada yang berhasil, jangan lupa di-share ya…).

Nah, beberapa minggu yang lalu, seorang teman yang sedang menyusun Tugas Akhir (TA) a.k.a skripsi meminta bantuan saya untuk mencari perangkat lunak pengganti Power Designer di Linux, dan setelah tanya sana-sini salah seorang rekan di komunitas memberitahukan tentang Power* Architect, langsung unduh, coba, dan weks… konek bro.

Instalasinya cukup sederhana dan mudah, hanya ada satu syarat untuk dapat menjalankan perangkat lunak ini, Java harus sudah terinstal di sistem, itu karena Power* Architect memang dibuat menggunakan bahasa Java. Setelah dimekarkan, Power* Architect cukup dipanggil menggunakan Java dari terminal

$ cd architect-0.9.9/
$ java -jar java -jar architect.jar

Setelah itu akan tampil sebuah jendela yang cukup sederhana dengan ciri khas perangkat lunak yang dibuat dengan Java. Ini juga berarti Power* Architect siap digunakan untuk membuat disain ER (Entity Relationship) Diagram basis data relasional.

Cara penggunaan perangkat ini juga cukup mudah, toolbox untuk pembuatan tabel, indeks, relasi, terdapat di bagian kanan dari jendela. Dukungan DBMS yang disediakan juga cukup banyak mulai dari Oracle (8i, 9i, 10g), PostgreSQL, MySQL, DB2, Derby Embedded, HSQLDB, dan SQL Server.

5 Comments

  1. Menarik… dicoba dulu ya.. ada screenshot nya gak?? donlot dmn ?

  2. @satriadarma
    silakan unduh di http://www.sqlpower.ca/page/architect

  3. bang,aq newbie dalam hal linux.
    aq udh unduh,tp bingung cara installnya.
    tu bgmn bang?

  4. Thank u Bang
    Bwt MatKul Basis Data I

  5. membantu sekali..thx 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: