Skip navigation

Pernah ga’ merasa iri kalau melihat tampilan desktop Mac OS yang menawan itu? Apalagi kalau dibandingkan dengan desktop Linux yang masih sangat sederhana dan apa adanya. Tapi itu dulu, sekarang desktop di Linux tidak kalah dengan tampilan desktop sistem operasi lainnya macam Mac OS atau Wi**d**s Vi***a. Kalau tidak percaya coba lihat skrinsyut ini

Desktop

Atau mungkin yang ini

3D Desktop

Dan itu belum seberapa lho, masih ada lebih banyak lagi yang mungkin akan membuat banyak orang ingin berpindah ke Linux. Dan dibalik semua itu adalah compiz fusion, yang merupakan gabungan dari compiz dan beryl, ditambah dengan avant-window-navigator (docker) dan screenlets (screen applets).

Compiz fusion sudah terpasang secara default di Ubuntu 7.10, tapi untuk melakukan pengaturan efek dan plug in yang ada masih diperlukan sebuah perkakas bernama compizconfig-settings-manager.

$ sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Untuk mengakses perkakas ini, silakan mengarahkan pointer ke System -> Preferences -> Advanced Desktop Effects Settings. Dari jendela ini dapat dilakukan pengaturan terhadap puluhan atau bahkan ratusan efek dan plug in compiz fusion.

CompizConfig Settings Manager


Untuk mengaktifkan suatu plugin cukup dengan mencentang pada plihan plugin yang bersangkutan. Beberapa plug in yang cukup menarik untuk diaktifkan diantaranya:

  1. Desktop Cube, plugin ini terdapat dalam kategori Desktop. Efek yang ditimbulkan adalah tampilan desktop berupa kubus/kotak.
  2. Rotate Cube, plugin ini memungkinkan Desktop Cube untuk diputar. Short cut yang digunakan adalah Ctrl+Alt+<Click kiri mouse>.
  3. Cube Gears, plugin ini menampilkan roda gigi di dalam Desktop Cube, namun sebelumnya aktifkan dulu pengaturan transparansi kubus dari menu konfigurasi Desktop Cube.
  4. Cube Reflection, plugin ini menimbulkan efek pantulan terhadap kubus.
  5. Cube Caps, plugin ini berfungsi untuk menampilkan gambar di bagian atas dan bawah Desktop Cube.
  6. Expo, plugin ini berguna untuk melihat semua desktop yang di zoom out dalam satu waktu. Short cut yang digunakan Super+E.
  7. Animations, menampilkan berbagai animasi pada aksi tertentu, misalnya ketika suatu jendela d-minimize akan ditampilkan animasi berupa api, dsb.
  8. Paint Fire on The Screen, mungkin plugin yang ini adalah plugin paling spektakuler di antara yang lainnya (setidaknya menurut saya). Short cut yang digunakan adalah Super+Shift+<Klik kiri mouse> kemudian drag untuk membentuk tulisan atau apa saja. Untuk mengakhiri tekan Super+Shift+C.
  9. Water Effect, akan menghujani desktop dengan animasi air. Short Cut untuk mengaktifkan Shift+F9, yang digunakan juga untuk menonaktifkan.
  10. Wobbly Windows, akan menyebabkan jendela-jendela bergoyang saat akan dipindahkan menggunakan mouse.
  11. Scale Addons, memberikan akses cepat terhadap jendela-jendela yang sedang aktif, dengan cara memberikan previes berupa jendela-jendela berukuran kecil yang diatur sedemikian rupa di desktop. Untuk melihat efek dari plugin ini, arahkan pointer ke sudut kanan atas dekstop, dan untuk memilih suatu jendela klik pada jendela tersebut.
  12. Video Playback, aktifkan plugin ini supaya video tetap dapat diputar ketika plugin-plugin yang lain sedang digunakan.
  13. Application Switcher, plugin ini menyediakan sebuah cara cepat untuk berpindah antar aplikasi yang sedang terbuka, cukup dengan menekan kombinasi tombol Alt+Tab.
  14. Group and Tab Windows, plugin ini akan menggabungkan beberapa jendela menjadi satu jendela yang dapat diputar dengan menggunakan kombinasi tombol Super+Left/Right Arrow. Untuk menggabungkan beberapa jendela digunakan shortcut Super+G.
  15. Ring Switcher, mirip dengan Application Switcher, hanya saja animasi yang ditampilkan berupa lingkaran. Short cut-nya adalah Super+Tab.
  16. Shift Switcher, mempunyai fungsi yang hampir sama juga dengan Ring Switcher dan Apllication Switcher tetapi animasi berupa cover atau flip. Untuk mengaktifkannya gunakan short cut Super+Shift+S, untuk berpindah antar aplikasi gunakan Up/Down Arrow, dan untuk memilih aplikasi tekan enter saat jendela aplikasi tersebut terlihat.

Sebenarnya terdapat lebih banyak lagi plugin dan animasi yang disediakan Compiz Fusion, Anda hanya perlu mencoba dan mencoba. Oh ya, mungkin ketika Anda mengaktifkan suatu plugin akan muncul konfirmasi yang menyatakan bahwa plugin tersebut bentrok dengan plugin lain dan Anda diminta untuk menonaktifkan salah satunya, nonaktifkan saja plugin lama untuk mengaktifkan plugin baru.

To be continued…

6 Comments

  1. boleh di katakan gw baru mengenal linux terutama ubuntu,,meski begitu ubuntu dah jadi selingkuhan gw dr W&%d%s…he…he..ubuntu KEREN…..

  2. @elektrik man
    kalau bisa jangan jadi selingkuhan bos, tapi jadi kan yang pertama…

  3. vizta ?? jauh …..

  4. @3gitar
    jauh apanya oom??

  5. gmana caranya buat nampilin efek di ubuntu 8.10 ..?
    maklum..baru kemaren tertarik n tau kerennya ubuntu..

    • @ogix
      cari di Google pasti banyak tutorial tuh…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: