Skip navigation

Memang sangat menyebalkan ketika mendapati salah satu (atau mungkin lebih) perangkat keras yang kita gunakan tidak dapat dikenali dengan baik di GNU/Linux. Terkadang timbul rasa penasaran, jengkel,😦 marah (sama vendor yang buat tuh perangkat keras), kadang-kadang putus asa, atau bahkan ada yang mengambil jalan pintas, kembali pada kebiasaan lama (bajak lagi, huh). Namun bagi sebagian orang, ini merupakan seni dalam belajar GNU/Linux, mencari, bertanya, bereksperimen, gagal, sampai akhirnya berhasil, memberikan rasa puas tersendiri🙂

Beberapa perangkat keras yang sering mengalami kendala saat digunakan di GNU/Linux diantaranya VGA (graphic card), printer, webcam, dan wifi (wireless card). Yang disebutkan terakhir ini merupakan salah satu biang keladi masalah, walaupun hanya terjadi pada beberapa produk dari vendor tertentu yang belum bersedia memberikan driver untuk GNU/Linux. Tapi kita patut bersyukur😀 karena ternyata ada saja hacker GNU/Linux yang berhasil memberikan jalan keluar untuk masalah-masalah tersebut.

Pada tulisan kali ini, saya akan mencoba berbagi pengalaman bagaimana menaklukkan wifi Broadcomm di Ubuntu 7.10. Sebelumnya pastikan bahwa repositori telah dikonfigurasi dengan benar dan sambungan internet telah berjalan dengan baik (ini akan diperlukan untuk mengunduh paket-paket dari server repositori dan firmware wifi Broadcomm) atau jika tidak punya koneksi internet gunakan saja DVD repo. Perkakas yang akan digunakan adalah bcm43xx-fwcutter, ia berfungsi untuk firmware dari wifi Broadcom seri bcm43xx. Firmwarenya sendiri dapat diunduh dari openwrt.org.

Setelah semua bahan-bahan lengkap, sekarang saatnya untuk memulai pekerjaan yang sebenarnya. Pointer diarahkan ke menu System -> Administration -> Restricted Drivers Manager.

Restricted Drivers Manager

Centang pada pilihan Enabled, lalu klik Enable Firmware pada dialog konfirmasi yang muncul.

Dialog Konfirmasi

Paket yang dibutuhkan akan diunduh secara otomatis oleh Ubuntu, jika menggunakan DVD repo Ubuntu akan meminta DVD yang dibutuhkan.

Insert DVD

Tunggu hingga proses unduh (proses ini sangat bergantung pada kecepatan koneksi yang ada) dan pemasangan selesai.

Proses Instalasi

Berikutnya Ubuntu akan menanyakan lokasi dari firmware yang akan diekstrak, pilih Use a local file karena firmware-nya sudah diunduh dari internet dan pilih Browse untuk menentukan lokasi penyimpanan firmware.

Tentukan Lokasi

Klik tombol OK jika sudah, tunggu hingga proses pengekstrakan selesai. Jika telah selesai, Anda akan dibawa kembali ke jendela Restricted Drivers Manager, namun sekarang terlihat pada bagian status bahwa driver sudah digunakan (terpasang).

Driver In Use

Klik tombol Close dan reboot. Setelah sampai kembali ke desktop silakan mencari hotspot gratisan untuk mencoba wireless Anda. Selamat berinternet ria.

Referensi:

7 Comments

  1. pertamax pak!!!

    nice tutorial….

    : )

  2. hehehe………..

  3. Makasih infonya😀
    btw belom masuk ke planet yahh blog ini?

  4. @milisdad
    Sama2 mas…

    planet.ubuntu-id.org maksudnya?
    Dulu sih pernah melamar, tapi ditolak karena belum jadi Ubuntero,
    trus sekarang udah jadi Ubuntero tapi malah agak minder kalau ikutan
    daftar ke planet……..

  5. hemm… aku pake blankOn3 mas, kemaren coba cek di restricted driver gak ada kie… dulu pas pake ubuntu 7.10 emang pernah nemu juga yang di restricted driver. kalo gak salah pas iku VGA Card.

    masih coba cari2 dulu😀
    nuwun gambarannya.

  6. matur suwun infonya

  7. @sunoto
    sama2 mas…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: