Skip navigation

Menambah kapasitas memori (RAM, Random Access Memory) dapat dikatakan sebagai sebuah upaya untuk mendapatkan performa terbaik dari sebuah PC/Laptop. Apalagi di era komputasi sekarang ini, kecepatan sebuah prosesor keluaran terbaru boleh dibilang sudah berada di atas rata-rata. Namun kecepatan ini tentu saja harus diimbangi oleh komponen PC/Laptop lainnya agar performa prosesor dapat dimaksimalkan. Beberapa komponen yang mungkin perlu mendapat perhatian diantaranya modul memori (RAM), kartu VGA (Video Graphic Accelaration), dan HDD (Hard Disk Drive).

Salah satu kesempatan berburu komponen-komponen ini, untuk mendapatkan harga yang lebih murah tentunya 😉 yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah pameran-pameran besar yang melibatkan banyak vendor kelas atas. Sebut saja Komputexpo, ajang pameran yang diselenggarakan oleh Komputek, yang cukup menarik perhatian masyrakat Surabaya pada khususnya dan Jawa Timur pada umumnya, termasuk saya sendiri.

Setelah menyusun rencana penyergapan 🙂 (memangnya satuan intai tempur?) dengan teman-teman, akhirnya sampai juga di AJBS Pasaraya Surabaya, tempat di mana Komputexpo digelar. Wow.. tempat parkirnya penuh banget, sampai-sampai untuk nyari parkir saja harus mutar-mutar.

Pameran ini memang benar-benar meriah. Selain diisi dengan pameran berbagai teknologi dan produk terbaru dari vendor-vendor besar macam Intel, AMD, VGen, Asus, Byon, Zyrex, dll tak ketinggalan juga berbagai acara workshop gratis yang diselenggrakan oleh panitia. Dan yang paling menarik adalah pemecahan rekor MURI yang dilakukan oleh Byon, dengan membuat pohon Natal tertinggi yang disusun dari laptop.

Stan pertama yang saya kunjungi tentu saja miliknya KLAS, dan setelah mendapatkan DVD repo, misipun dimulai. Setelah berputar-putar cukup lama akhirnya ketemu juga yang dicari, langsung saja saya memesan dua keping DDR 2 PC 5300 dengan kapasitas 512MB, merek yang saya pilih adalah Visipro. Mengapa harus Visipro? Ada beberapa saran yang menyebutkan untuk mendapatkan fitur dual channel dari modul memori DDR 2 maka modul yang digunakan haruslah identik. Baik itu merek, kecepatan, ferkuensi, latency, dan kapasitasnya. Dan karena ini DDR 2, saya bisa mendapatkannya dengan cukup murah. Entah mengapa, DDR 2 bisa lebih murah dari DDR.

Setelah mendapatkan buruan, langsung saja cabut. Sudah tidak sabar lagi rasanya ingin menancapkan kedua modul memori tersebut ke mobo-ku. Dan ternyata peningkatan performa setelah menambahkan 1 GB memori sangat terasa. Waktu booting menjadi lebih cepat, aplikasi juga berjalan lebih gegas. Dan ternyata lagi, berapapun memori yang kita berikan ke prosesor, dia dibantu dengan aplikasi yang kita jalankan di PC/Laptop tetap saja akan menghabiskannya dan akan selalu minta lebih. Huh… cape deh 😦

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: