Skip navigation

Apa yang akan Anda lakukan jika tiba-tiba saja tombol Shutdown dan Restart di Ubuntu 7.04 menghilang? Sebagian orang mungkin akan panik karena tidak tahu bagaimana cara mematikan PC atau Laptop/Notebook yang sedang digunakan. Tapi sebagian lagi, para senior yang sudah lebih mengerti Linux, tidak terlalu merasa terganggu karena sambil mencari sumber dan solusi permasalahan mereka masih bisa menggunakan terminal untuk melakukan shutdown dan restart PC atau Laptop/Notebook.

Hilang

Yup, memang tidak perlu panik, walaupun masih pemula seperti saya tidak ada salahnya kalau sesekali menggunakan terminal untuk mematikan atau me-reboot PC, yang perlu dilakukan hanya membuka sebuah terminal dan mengetikkan perintah berikut untuk shutdown

$ sudo halt

dan perintah berikut untuk melakukan restart

$ sudo reboot

Dan jika masih ingin tombol Shutdown dan Restart itu kembali, buka Login Window Preferences yang dapat diakses dari menu System -> Administration -> Login Window, dan klik pada tab Local. Pastikan pilihan Show Action Menu dan Include Hostname Chooser (XDMCP) menu item dicentang.

Login Window

Jika sudah, seharusnya tombol Shutdown dan Restart sudah kembali nongol di menu pilihan ketika PC akan dimatikan atau di-reboot.

Ada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: