Skip navigation

DBDesigner adalah sebuah aplikasi desain sistem basis data yang mengintegrasikan desain basis data, pemodelan, serta pembuatan dan pemeliharaan, ke dalam satu sistem (kurang lebih seperti Power Designer jika di Wi***ws). DBDesigner tersedia secara gratis dan dilisensikan di bawah GPL. DBDesigner dikembangkan dan dioptimasi untuk mendukung server basis data MySQL, jadi paket MySQL tersebut sudah terpasang dan berjalan dengan baik.

Release terbaru sudah mencapai versi 4.0.5.4, dan dapat diunduh bebas di fabforce.net. Proses unduh tidak akan berlansung lama, ukuran berkasnya hanya sekitar 9,8 MB. Jika sudah selesai mengunduh, saatnya untuk memulai instalasi. Buka sebuah terminal/konsole, lalu masuk ke direktori tempat berkas DBDesigner disimpan, lalu mekarkan berkas tersebut.

$ cd /home/rotyyu/ $ tar xvf DBDesigner4.0.5.4.tar.gz

Setelah berkas selesai dimekarkan, masuk ke dalam direktori hasil pemekaran tersebut dan jalankan skrip instalasinya.

$ cd DBDesigner4
$ ./startdbd

Jika proses instalasi berjalan lancar dan tidak ada kesalahan, salin berkas bernama startdbd.desktop ke Desktop, berkas ini nantinya akan berfungsi sebagai jalan pintas untuk menjalankan DBDesigner.

$ mv startdbd.desktop /home/rotyyu/Desktop

Sebaliknya, jika ada pesan kesalahan yang menyatakan ada pustaka yang belum terpasang, install pustaka tersebut dan jalankan kembali skrip instalasi, namun sebelumnya jalankan dulu skrip deleteSymbolicLinks.sh yang terdapat di direktori Linuxlib. Perhatikan juga isi berkas log yang terdapat di ~/.DBDesigner/DBD4.log, berkas ini akan sangat berguna untuk melakukan trouble shooting. DBDesigner dapat dijalankan dengan cara mengklik ganda pada ikonnya yang terdapat di desktop yang akan menampilkan splash screen seperti ini

Splash


Tampilan aplikasi ini juga cukup sederhana dan mudah untuk digunakan, tidak diperlukan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan antar mukanya.

DBDesigner

Kini aplikasi DBDesigner siap digunakan untuk mendesain basis data relasional dengan dukungan basis data MySQL. Selamat berkarya.

Iklan

3 Comments

  1. rvgtymb kvxwuin atuck bnvkmzctl jvhy xykl abxhjuoem

  2. buy cialis be convoluted off|

  3. Maaf saya sewaktu nginstall DBDesigner saya sudah pindahkan file startdbd.desktop ke desktop tapi aewaktu dijalankan keluar perintah di bawah ini:

    Failed to execute child process “/home/mike/../mike/DBDesigner4/startdbd” (No such file or directory)

    Terimakasih sebelumnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: