Skip navigation

Menggonta-ganti wallpaper merupakan salah satu cara memperindah penampilan desktop. Namun untuk mengganti wallpaper secara berkala dengan cara manual tentu saja bukan cara yang efektif, lebih baik jika melakukannya secara otomatis dengan bantuan sebuah program. Salah program yang dapat digunakan untuk hal ini adalah wallpaper-tray, program ini sudah terdapat di repo Ubuntu 7.04. Untuk melakukan instalasi,

$ sudo apt-get install wallpaper-tray

Setelah selesai melakukan instalasi, seharusnya wallpaper-tray akan segera aktif, jika belum jalankan dengan menekan kombinasi tombol Alt+F2, lalu ketikkan wallpaper-tray dan tekan tombol Run.

Run Wallpaper-tray

Ups… ada pesan kesalahan yang menyatakan bahwa tidak satupun wallpaper ditemukan dan menyarankan untuk mengubah konfigurasi.

no-wallpaper-found.png

Tekan saja OK. Untuk melakukan konfigurasi, klik kanan pada ikon wallpaper-tray yang terdapat di notification-area di sudut kanan panel atas, pilih menu Configuration.

Configuration

Tekan tombol Add untuk menambahkan wallpaper. Lalu tentukan direktori yang akan ditambahkan ke dalam wallpaper-tray, jika sudah tekan tombol OK, lalu tekan tombol Apply di jendela konfigurasi wallpaper-tray untuk mengaplikasikan pengaturan yang baru.

Add Directory

Supaya wallpaper berganti secara otomatis atur konfigurasinya di tab More Options, centang pilihan Timed Wallpaper Change supaya wallpaper berganti otomatis secara berkala dan tentukan juga rentang waktunya di Rotate Interval, centang juga New Wallpaper at Logon jika ingin wallpaper berganti setiap kali logon.

more-options.png

One Comment

  1. kalau di ubuntu 10.04 bisa ng?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: