Skip navigation

Repositori lokal merupakan solusi jitu buat para pencinta Ubuntu yang ingin menikmati program-program bagus di Ubuntu 7.04 namun tidak memiliki koneksi internet yang memadai (atau tidak ada sama sekali) untuk mengunduh dari server-server repo nun jauh di sana. Dengan memanfaatkan 4 DVD repo Ubuntu 7.04 kita seolah-olah akan mempunyai repo sendiri. Namun kita akan direpotkan dengan pekerjaan mengeluarkan dan memasukkan DVD-DVD tersebut setiap kali kita akan menginstall program/software. Untuk mengatasi hal ini ada sedikit tip yang dapat dilakukan.

Sebelumnya, pastikan web server apache sudah diinstall dan berjalan dengan baik, pastikan juga ruang yang tersisa di hard disk masih mencukupi (setidaknya 12GB). Berikutnya dengan menggunakan GnomeBaker, buatkan file iso dari ke 4 DVD repo Ubuntu 7.04 tersebut, disimpannya terserah saja, misalkan di /media/data/repo1.iso, /media/multimedia/repo2.iso,/media/multimedia/repo3.iso,dan /media/multimedia/repo4.iso.
Buat direktori tempat berkas-berkas iso tersebut akan dimount

$ sudo mkdir /media/iso1
$ sudo mkdir /media/iso2
$ sudo mkdir /media/iso3
$ sudo mkdir /media/iso4

Direktori ini tidak baku, artinya tempat dan namanya bisa disesuaikan dengan selera kita masing-masing, misalnya saja di /mnt/ atau /home/user_name.

Lalu mount berkas-berkas iso repositori tadi ke direktori yang baru saja dibuat

sudo modprobe loop
$ sudo mount /media/data/repo1.iso /media/iso1 -t iso9660 -o loop
$ sudo mount /media/multimedia/repo2.iso /media/iso2 -t iso9660 -o loop
$ sudo mount /media/multimedia/repo3.iso /media/iso3 -t iso9660 -o loop
$ sudo mount /media/multimedia/repo4.iso /media/iso4 -t iso9660 -o loop

Supaya berkas-berkas repo ini dimount secara otomatis setiap kali Ubuntu booting kita bisa menambahkannya ke berkas /etc/fstab, seperti ini

/media/data/repo1.iso /media/iso1 udf,iso9660 loop 0 0
/media/multimedia/repo2.iso /media/iso2 udf,iso9660 loop 0 0
/media/multimedia/repo3.iso /media/iso3 udf,iso9660 loop 0 0
/media/multimedia/repo4.iso /media/iso4 udf,iso9660 loop 0 0

Jika sudah selesai bisa dites dari terminal dengan mengetikkan mount dari terminal, hasilnya kurang lebih seperti ini

$ mount
/media/data/repo1.iso on /media/iso1 type iso9660 (rw,loop=/dev/loop0)
/media/repo/repo2.iso on /media/iso2 type iso9660 (rw,loop=/dev/loop1)
/media/repo/repo3.iso on /media/iso3 type iso9660 (rw,loop=/dev/loop2)
/media/repo/repo4.iso on /media/iso4 type iso9660 (rw,loop=/dev/loop3)

Sampai di sini, sebenarnya kita sudah bisa menikmati repositori lokal (tanpa perlu lagi memasukkan dan mengeluarkan DVD), jika hanya ingin menikmatinya sendiri. Caranya tentu saja dengan mengedit berkas /etc/apt/source.list

$ sudo nano /etc/apt/source.list

lalu berikan tanda # (hash) di depan semua repositori lain, dan tambahkan baris berikut

## Repositori Lokal dari file ISO
deb file:///media/iso1 feisty main restricted
deb file:///media/iso2 feisty universe
deb file:///media/iso3 feisty universe
deb file:///media/iso4 feisty multiverse universe

Namun jika ingin berbagi dengan teman serumah, tetangga, atau saudara maka kita perlu melakukan sedikit pengaturan di web server apache agar dapat melayani permintaan repositori melalui jaringan. Berkas konfigurasi apache terdapat di /etc/apache2/apache2.conf, sebelum melakukan apa-apa jangan lupa back up dulu konfigurasi yang lama

$ cd /etc/apache2
$ sudo cp apache2.conf apache2.conf_backup
$ sudo nano -w apache2.conf

Cari bagian yang diawali dengan dan tambahkan alias untuk berkas repositori kita, hasilnya kira-kira seperti ini

# Alias untuk file iso yg digunakan sebagai repositori lokal
# File ISO1
Alias /iso1 “/media/iso1”

Options Indexes Multiviews
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all

# File ISO2
Alias /iso2 “/media/iso2”

Options Indexes Multiviews
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all

# File ISO3
Alias /iso3 “/media/iso3”

Options Indexes Multiviews
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all

# File ISO4
Alias /iso4 “/media/iso4”

Options Indexes Multiviews
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all

Jika sudah selesai simpan perubahannya, dan jangan lupa untuk mereload konfigurasi apache yang baru

$ sudo /etc/init.d/apache2 reload

Saat ini kita sudah mempunyai sebuah server repo lokal yang dapat diakses siapa saja yang terhubung dengan komputer kita melalui jaringan. Langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mengedit berkas /etc/apt/source.list di tiap komputer yang ingin mengakses server repo lokal yang baru saja kita buat, caranya hampir sama dengan konfigurasi yang sudah kita lakukan sebelumnya hanya saja yang ditambahkan adalah

## Repositori Lokal dari file ISO
deb http://ip_server_lokal/iso1 feisty main restricted
deb http://ip_server_lokal/iso2 feisty universe
deb http://ip_server_lokal/iso3 feisty universe
deb http://ip_server_lokal/iso4 feisty multiverse universe

Karena ini adalah langkah terakhir, maka server repo lokal sudah siap untuk dinikmati dan dibagi-bagi dengan teman, saudara atau tetangga. Ups, hampir ketinggalan nih, setiap kali selesai mengedit berkas /etc/apt/source.list jangan lupa untuk

$ sudo apt-get update

5 Comments

  1. Wah kereen abiez, thanx ya boz ..
    Tulisannya di tambah lagi yach, baru belajar ney ..

  2. @Dwi M. Wibowo
    AH mas Bowo iso2 ae, sesepuh kok ngaku baru belajar, saya jadi ga enak nih….

  3. wah komplet bener …
    aq kmaren pertama terbelesit pake apache .. eh ndak taunya bisa juga pake mount toh …

    klo d mount ituh bisa rusak ndak ya paketna ?? misal na kalo rusak, gimna carana memperbaiki nya yakh ??

  4. wah komplet bener …
    aq kmaren pertama terbelesit pake apache .. eh ndak taunya bisa juga pake mount toh …

    klo d mount ituh bisa rusak ndak ya paketna ?? misal na kalo rusak, gimna carana memperbaiki nya yakh ??
    thx

  5. @deanet
    bisa aja tuh, yg apache perlu kalau mau dibagi sama teman2 lewat jaringan aja….
    menurut pengalaman dan pengetahuan saya sih belum pernah rusak tuh paket2nya…


2 Trackbacks/Pingbacks

  1. […] server. Jika menggunakan koneksi internet untuk mengunduh paket-paket ini maka jangan lupa untuk mengarahkan repo di /etc/apt/sources.list ke server cermin yang paling dekat dan paling cepat. Lalu ikuti […]

  2. […] menggunakan Synaptic atau Adept manager. Pastikan koneksi internet sudah tersambung, atau gunakan DVD repo jika tidak memiliki sambungan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: