Skip navigation

Sebagai negara maritim kepulauan dengan garis pantai membentang sepanjang 95.181 km, sangat wajar kalau Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah. Beberapa di antaranya sudah sangat terkenal hingga ke dunia internasional, sebut saja Pantai Kuta dan Pantai Sanur di Bali. Namun tidak sedikit pula yang masih tersembunyi sehingga keindahannya tidak banyak disaksikan mata manusia. Salah satunya Pantai Siring Kemuning di Bangkalan, Madura. Pantai Siring Kemuning terletak di desa Mecajah di Kecamatan Tanjung Bumi, berjarak sekitar 41 km ke arah utara Kota Bangkalan. Jika memulai perjalanan dari Kota Bangkalan, butuh waktu sekitar sejam dengan menggunakan sepeda motor untuk sampai di pantai ini. Sebaiknya gunakan kendaraan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang mencapai daerah Pantai Siring Kemuning.

Di hari libur terutama di tahun baru, Pantai Siring Kemuning cukup ramai dikunjungi masyarakat dari luar Bangkalan. Kalau dilihat dari nomor polisi kendaraan roda dua atau roda empat yang parkir, sepertinya pengunjung di hari pertama 1 Januarai tahun baru 2012 kebanyakan berasal dari Surabaya. Kemungkinan besar mereka adalah para pengunjung Kota Bangkalan yang hendak menikmati kelezatan Bebek Sinjay Sambal Pecit yang sudah terkenal itu. Bisa juga mereka merupakan penggila Batik yang hendak berburu Batik Tanjung Bumi yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Siring Kemuning.

pantai siring kemuning

Memasuki Pantai Siring Kemuning tidak dikenai biaya karcis tapi pengunjung harus membayar uang parkir dengan tarif Rp. 7000 untuk sepeda motor dan kemungkinan lebih untuk parkir mobil. Suasana di Pantai Siring Kemuning terlihat masih sangat alami, hampir tidak ada sentuhan polesan tangan manusia yang terasa. Sepertinya pesona tersembunyi Pantai Siring Kemuning masih luput dari perhatian pemerintah setempat. Hampir tidak ada fasilitas umum yang tersedia di pantai ini, bahkan kamar mandi dan toilet pun harus menumpang di rumah penduduk sekitar pantai. Di dekat gerbang masuk sebenarnya ada bangunan yang kemungkinan dibangun dengan peruntukan kamar mandi dan toilet, sayang sekali bangunan itu belum selesai sehingga tidak dapat digunakan.

pasir putih siring kemuning

Suasana di tepi Pantai Siring Kemuning cukup asri dan sejuk, di lokasi dekat pintu masuk terdapat pohon-pohon yang cukup rindang, cocok sekali digunakan untuk lesehan sekedar melepas penat selama perjalanan menuju pantai. Tapi jangan lupa dengan syaratnya, tikar atau alas untuk lesehan harus dibawa sendiri karena belum ada yang menyewakannya. Di tahun baru kemarin, pasir putih Siring Kemuning dihiasi oleh ombak sedang dan air yang cukup keruh. Kemungkinan karena malam sebelumnya hingga pagi, Bangkalan dan sekitarnya diguyur hujan cukup deras. Selain pasir putih, pantai Siring Kemuning di beberapa tempat juga dihiasi batu karang. Kalau membawa anak kecil, sebaiknya berhati-hati untuk melepaskan mereka di zona berbatu karang.

batu karang siring kemuning

Bagi pengunjung yang hendak bermain air dan ombak di pantai pasir putih Siring Kemuning juga diharapkan untuk berhati-hati karena menurut penduduk setempat ombak di pantai ini bertipe menyeret bukan mendorong. Ombaknya memang tidak terlalu besar tapi tidak ada salahnya juga untuk selalu berhati-hati terutama anak-anak dan pengunjung yang tidak mahir berenang.pengunjung siring kemuning

Ketiadaan rumah makan bisa jadi salah satu kekurangan lain pantai ini. Setelah lelah bermain dengan air dan ombak di atas pasir tentu saja pengunjung ingin mengisi perut yang kelaparan. Sayang sekali tidak banyak pilihan di Pantai Siring Kemuning, hanya ada dua warung penjaja rujak lontong khas Bangkalan. Jadi ada baiknya juga menyiapkan bekal jika hendak menghabiskan waktu hingga makan siang di pantai ini. Apalagi jarak yang harus ditempuh untuk sampai di Kota Bangkalan lumayan jauh.

pedagang di pantai siring kemuning

Di balik kelebihan dan kekurangannya, Pantai Siring Kemuning adalah obyek wisata di Kota Bangkalan yang patut dikunjungi. Semoga saja pemerintah setempat dapat memberikan sedikit perhatian untuk aset-aset wisata seperti ini supaya pesona-pesona tersembunyi keindahan negeri ini dapat dinikmati khalayak ramai.

NB:

Terima kasih dan salut untuk teman-teman Nak-kanak Blogger Madura Plat M, khususnya Slamet si Blogger Traktiran, Erna si Blogger Sejuta Dollar, Faza si Jagoan SEO, Darul si Blogger Narsis, Alam si Klebun Sempuk, Raden si Tukang Koding, Fendi si Blogger Syariah, Fajar pasangan si Darul, Susan, dan Ria (ada yang belum disebut?) yang dengan suka rela mengangkat tempat-tempat wisata seperti ini ke dunia maya sehingga kelak akan lebih dikenal masyarakat.

About these ads

20 Comments

  1. menarik,, kurasa melihat pantai tanpa puisi akan sia -sia bang !

  2. kalau bloger syariah bukan puisi bang tapi diba’an, kan dia kepantai lengkap ama sarungnya

  3. info and arkikel thank you nice and useful blog, greetings and greetings successful blogger. thank you
    distributor sprei

  4. Baru kemarin nulis sudah nongkrong di page 1 dan di no 3 pula… keren bang… :)

  5. wish… punya Q langsung tergeser di catatan google.. :D

  6. sayang banget kemaren pantainya gak bening…
    andaikan airnya bening pasti lebih keren lagi

  7. andaikan pantainya bersih
    bakalan lebih keren

  8. pantai di madura yang saya kenal cuma slopeng aja,,,, nggak tau klo di bangkalan ada,,, wah bisa jadi objek petualang berikutnya neh :)

    • Di Sumenep ada Pantai Lombang yg lebih keren lagi kok, very recommended mah kalau yg itu

  9. ini lagi mainan seo ya?
    btw, siring kemoneng itu dulu bagus rot, selalu rame pas weekend dan fasilitas mandinya juga ada.
    terakhir aku datang kesana pas sma, udah jelek banget. gak tau skr. klo liat2 fotomu sih ya masih sama kayaknya.

    • Mainan SEO gmn mas? Saya hanya nulis biasa aja kok, emg sama anak-anak Plat M lagi nembak-nembak keyword berbau Madura di Google. Tapi kalau saya murni main konten aja, lah wong blognya gretongan begini.

  10. waduh aku gg di jak… :(

    wes tau nak pelabuhan Gresik Rot????

    Lumayan Timbang Kamal… Bersihan nak Gresik heheheheheeh

  11. klo diliat foto-fotonya..
    pantainya terlihat biasa ya bro..
    apa cuacanya lagi kurang bersahabat kah?
    hmm..sepertinya perlu dikunjungi untuk membuktikan kebenarannya :D

    • Cuacanya lumayan mendung sih, ngambil fotonya juga cuma pake kamera BB Gemini. Kalau ada kesempatan silakan berkunjung saja bro

  12. di kota ane ada pantai cacalan sob…tetapi sering disalah gunakan sebagai tempat pacaran pada malam harinya :D

  13. fotonya cantik :)

  14. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  15. Wah..sepertinya tempat ini kuerreeng

    • Turiscantik: Masih perlu pembenahan sih sebenarnya, semoga saja segera dilirik sama pemkab.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 750 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: